Analisis Grafologi Dua Capres

By , Jumat, 4 Juli 2014 | 15:08 WIB

Karakter dan watak seseorang bisa dibaca dari tulisan tangannya. Sebab, bentuk sebuah tulisan tangan seseorang muncul dari alam bawah sadarnya.

Prabowo merupakan tipe orang yang stabil. Hal itu bisa dilihat dari jarak spasi tulisan tangannya yang teratur.

Namun di balik penampilannya yang terkesan kaku dan serius, Prabowo sebenarnya santai. Itu bisa dilihat dari goresan tangan yang luwes. Meski gaya tulisannya juga menunjukkan pribadi yang suka berpikir dan bertindak taktis.

Coretan tulisannya yang cenderung mengarah ke atas menandakan pribadi yang tidak suka larut pada masa lalu. Prabowo lebih suka memprioritaskan hidupnya untuk melangkah ke depan.

Dalam mengerjakan sebuah pekerjaan, dia tidak suka diganggu. Bidang-bidang konseptual merupakan spesialisasinya. Khusus untuk menangani masalah pribadi dan keluarga, Prabowo agak lemah.

Hal menarik lain adalah caranya menulis huruf "k". Itu tanda karakter kepemimpinan Prabowo sangat kuat. Dia tak pernah ragu dalam ambil keputusan ataupun kebijakan.

Tanda tangan Prabowo berbentuk tulisan namanya. Artinya dia menyukai kesederhanaan namun juga punya ego yang besar.

Jokowi suka berhati-hati dalam bertindak, meski sama lugasnya dengan Prabowo. Dari arah ketegakan huruf-hurufnya, dia lebih berorientasi pada masa kini ketimbang masa lalu ataupun masa depan.

Mantan Wali Kota Solo ini juga cenderung mengikuti aturan tetapi, ketika intuisinya sudah bermain, ide-ide besar kerap lahir.

Bentuk huruf "m" milik Jokowi menandakan bahwa dirinya cenderung mengindari konflik dan lebih suka berkompromi daripada beradu argumentasi. Dia juga luwes dan gampang didekati. Namun, jika menyinggung keluarga, Jokowi bisa sangat posesif.

Dari tulisan, Jokowi juga menunjukkan ketajaman berpikir yang bagus. Dia lebih menyukai pekerjaan lapangan daripada konseptual.

Keyakinan dari dalam diri Jokowi sering muncul begitu saja, walau kadang tidak logis. Dibandingkan dengan Prabowo, Jokowi lebih spekulatif dan memiliki beberapa inspirasi yang bisa dikatakan genius. Namun kegeniusannya itu tidak serta-merta akan selalu muncul.

Tanda tangan Jokowi lebih besar dari ukuran tulisannya. Ini menandakan dia cenderung ingin diakui. Selain itu juga terlihat ada ambisi, harga diri, kepercayaan diri. Jika diperhatikan, ada goresan-goresan kecil di tanda tangannya. Ini menunjukkan bakat kreatif yang dimiliki Jokowi.

Saling melengkapi

Kedua orang ini sebenarnya cocok bekerja dalam satu tim karena saling melengkapi. Kalau mereka berkolaborasi, hasilnya pasti akan dahsyat.