Ini Sepuluh Kota Paling Macet di Tiongkok

By , Minggu, 6 Juli 2014 | 15:56 WIB

Kepadatan jalan menjadi salah satu isyu yang mengkhawatirkan di Tiongkok—sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Menurut Tom Tom, perusahaan yang meneliti kondisi jalan, setiap tahun pengemudi di Tiongkok kehilangan waktu sampai sembilan hari karena macet.

"Urbanisasi yang cepat mendorong lonjakan penjualan mobil di seluruh negeri. Meski sudah dilakukan pengaturan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, seperti membatasi jumlah kendaraan dan membangun jalan baru, kondisi ini tetap menjadi isu yang signifikan," jelas Ralf-Peter Schäfer, Kepala divisi Lalu Lintas Tom Tom yang juga memproduksi alat GPS, dilansir Autoblog (5/7).

Saat ini Tiongkok merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia, menurut Lembaga Korporasi Ekonomi. Tidak kurang dari 300 juta jiwa akan pindah dari pedesaan menuju perkotaan di Tiongkok pada 2030.

"Dengan membekali pengemudi dengan informasi lalu lintas yang tepat, sehingga mereka tahu dengan pasti jalan mana yang padat dan berapa lama estimasinya, mereka bisa ke tempat yang dituju lebih cepat," lanjut Ralf.

TomTom Traffic Index merupakan metode penelitian komprehensif terhadap kondisi lalu lintas di jalan. Mampu memberi informasi seberapa parah kemacetan di satu titik, membandingkan jarak tempuh kendaraan baik dalam kondisi jam sibuk atau lengang. Informasi ini tersedia baik untuk jalan biasa dan tol.

Dari penelitian yang dilakukan Tom Tom, berikut 10 daftar kota paling macet di Tiongkok:

1 Tianjin2 Hangzhou3 Beijing4 Changchun5 Nanjing6 Shijiazhuang7 Shanghai8 Changsha9 Chongquing10 Fuzhou