Dua Bintang Terjauh di Bima Sakti Ditemukan

By , Senin, 14 Juli 2014 | 12:00 WIB

Dua bintang terjauh di Bima Sakti, yaitu ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+1, ditemukan. Berapa jarak bintang paling jauh di Bima Sakti tersebut?

Kedua bintang masing-masing berjarak 775.000 tahun cahaya dan 900.000 tahun cahaya dari Bumi.

Artinya, keduanya lima kali lebih jauh dari jarak satelit Bima Sakti, Awan Magellan Kecil, atau sepertiga jarak galaksi terdekat dari Bima Sakti: Andromeda.

Jarak itu dipastikan menggunakan beragam teknik. "Jarak kedua bintang itu terlalu besar untuk dipahami," cetus pimpinan studi, John Bochanski dari Haverford College, Pennsylvania, AS kepada Space.com, pada Kamis (10/7).

Selama ini Bima Sakti dikenal sebagai galaksi spiral yang diameter piringannya terentang 100.000 tahun cahaya. Ia dikelilingi halo yang terentang 500.000 tahun cahaya dan berisi bintang-bintang penjelajah sisa tabrakan banyak galaksi kecil yang membentuk Bima Sakti.

Kedua bintang terjauh di Bima Sakti itu bintang raksasa merah dingin yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan bintang katai merah.

Meski harus dibuktikan ulang —jika benar kedua bintang adalah bagian dari Bima Sakti, maka peta struktur Bima Sakti harus diperbarui.