Cegah Kantuk Saat Puasa

By , Senin, 14 Juli 2014 | 17:00 WIB

Ketika bulan puasa tiba, tak jarang kita merasa mengantuk di siang hari. Akibatnya, pekerjaan pun menjadi terganggu. Untuk mencegah rasa kantuk yang datang, berikut ada 4 jenis makanan yang harus Anda konsumsi.

1. Karbohidrat kompleksMakanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih lambat dicerna oleh tubuh, sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Otomatis tubuh mampu menyimpan energi lebih lama. Konsumsilah beras merah sebagai menu sahur Anda karena beras merah mengandung karbohidrat komplek. Anda juga bisa mengkonsumsi ubi-ubian atau roti gandum.

2. Makanan tinggi zat besiBayam dan kangkung adalah sayuran hijau yang mengandung zat besi. Fungsi zat besi dalam tubuh adalah membantu penyerapan oksigen sehingga kita tidak mudah mengantuk.

3. Buah-buahanJangan lupa menyertakan buah-buahan bervitamin C dalam menu sahur Anda. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi agar lebih optimal. Anda bisa mendapatkannya di jeruk, mangga, pepaya, atau nanas.

4. Air putihKonsumsi air putih delapan gelas setiap hari tetap bisa Anda lakukan selama berpuasa. Caranya? Minumlah selama rentang waktu berbuka hingga sahur. Hal ini akan mencegah Anda terkena dehidrasi.