Inilah Kesaksian Jatuhnya Malaysia Airlines MH17

By , Jumat, 18 Juli 2014 | 00:37 WIB

Sejumlah saksi mata mengatakan melihat saat-saat pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di wilayah timur Ukraina pada Kamis (17/7).

Seorang anggota pemberontak pro-Rusia yang mengaku bernama Sergei kepada Reuters mengaku melihat saat-saat jatuhnya pesawat MH17.

"Dari balkon rumah, saya bisa melihat sebuah pesawat jatuh dari ketinggian dan kemudian saya mendengar dua kali suara ledakan," ujar Sergei.

Namun, Sergei membantah jika pesawat itu jatuh akibat tembakan kelompok pro-Rusia yang menguasai wilayah timur Rusia. "Ini bisa terjadi hanya jika dilakukan pesawat jet tempur atau misil darat ke udara," tambah Sergei.

Sergei menambahkan, pasukan pemberontak pro-Rusia tidak memiliki persenjataan yang mampu menembak pesawat yang tengah terbang di ketinggian 10.000 meter.

Seorang warga setempat, juga kepada Reuters, mengatakan dia mendengar suara pesawat terbang yang kemudian diikuti suara ledakan.

"Saya sedang bekerja di ladang saat mendengar suara pesawat terbang lalu mendengar suara tembakan. Lalu saya melihat sebuah pesawat jatuh dan terbelah menjadi dua kemudian muncul asap hitam," ujar petani itu.

Sebelumnya dikabarkan pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 jatuh di wilayah Ukraina. Pesawat yang sedang dalam perjalanan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur itu membawa 280 penumpang dan 15 awak.