Jatuhnya MH17 di Ukraina, Rute Terbang Dialihkan

By , Jumat, 18 Juli 2014 | 04:00 WIB

Para pejabat transportasi di Inggris mengatakan semua pesawat yang saat ini berada di udara dialihkan rutenya oleh petugas lalu lintas udara agar tidak melewati lokasinya jatuhnya pesawat Malaysia di Ukraina timur. 

Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 jatuh dalam perjalanan dari Amsterdam, Belanda, menuju Kuala Lumpur, hari Kamis (17/7). 

Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan 280 penumpang dan 15 awak tewas dalam insiden ini. 

Organisasi keselamatan penerbangan Eropa, Eurocontrol, juga sudah meminta semua pilot untuk mengambil rute baru dan menghindari Ukraina timur. 

"Ketika pesawat (MH17) jatuh ada empat pesawat lain di wilayah udara tersebut. Mereka memutuskan meneruskan penerbangan tapi setelah itu wilayah udara Ukraina ditutup," kata Tytgat Luc, direktur Eurocontrol. 

"Jadi semua penerbangan sekarang dialihkan dari Ukraina," katanya. 

Sejumlah maskapai penerbangan mengatakan mereka menghindari sama sekali wilayah udara Ukraina. 

Belum ada penjelasan resmi soal penyebab jatuhnya pesawat tapi para pejabat Ukraina ini mengatakan MH17 ditembak jatuh oleh pemberontak pro-Rusia yang beroperasi di Ukraina timur. 

Tapi pemberontak membantah klaim tersebut. 

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan terpukul dan terkejut dengan jatuhnya pesawat MH17 dan sudah memerintahkan penyelidikan.