Penyelidikan Internasional atas Insiden MH17

By , Jumat, 18 Juli 2014 | 09:46 WIB

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kamis (17/7), menyerukan penyelidikan internasional untuk mengungkap jatuhnya pesawat milik Malaysia Airlines berkode penerbangan MH17 di Ukraina. "Jelas ada kebutuhan untuk penyelidikan penuh, transparan, dan internasional," kata Ban kepada wartawan. Ia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Dunia terguncang oleh jatunya pesawat penumpang milik Malaysia Airlines berkode penerbangan MH17 di Ukraina pada Kamis. Para pemimpin dunia pun menyerukan penyelidikan internasional atas jatuhnya pesawat yang diduga karena penembakan rudal ini. (Baca: Pemerintah Ukraina: Malaysia Airlines MH17 Ditembak Jatuh) 

Inggris telah menyerukan penyelidikan yang dipimpin PBB dan meminta segera digelar pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB terkait insiden ini dan krisis di Ukraina. Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, menyerukan hal yang sama: penyelidikan internasional atas insiden ini.

Adapun Pemerintah Indonesia masih terus memantau perkembangan situasi atas musibah dengan 11 warga negara Indonesia ada di dalam pesawat tersebut.