Titik Kenyamanan di Sepanjang Pantura

By , Rabu, 23 Juli 2014 | 18:29 WIB

Kementerian Perhubungan memperkirakan, pada Lebaran 2014, pemudik yang menggunakan sepeda motor sebanyak 2,37 juta sedangkan pemudik menggunakan mobil sebanyak 1,78 juta unit.

Perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi merupakan perjalanan yang menguras energi, pikiran, dan waktu. Jarak jauh yang harus ditempuh dan kemacetan, membuat penting bagi pemudik menyiapkan diri sebaik mungkin. Jadikanlah mudik berlangsung aman dan nyaman.

Istirahat cukup sering diabaikan pengendara saat menempuh perjalanan jarak jauh. Padahal, risikonya sangat besar mengingat kantuk akan mengurangi reaksi dan konsentrasi. 

Berikut ini beberapa di antara titik-titik kenyamanan di sepanjang jalur Pantura Jawa, di mana pengendara bisa berhenti dan beristirahat, atau sekadar melepas sejenak lelah penat dengan makan, berbelanja, dan rekreasi.

1. Daerah Pamanukan: Rest Area Fajar Mulya, Jalan Ahmad Yani, Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Selain tempat peristirahatan, di sini tersedia beragam jenis makanan khas daerah Cirebon, Indramayu, dan Subang.

2. Daerah Indramayu: Rumah makan tepi laut Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di saung-saung yang menghadap pantai, pengunjung dapat menikmati masakan olahan hasil laut.

3. Daerah Cirebon: Rumah makan di Kecamatan Plered, sekitar 500 meter dari Pasar Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Tengah. Rumah makan di kawasan ini menyediakan menu masakan khas Cirebon.

4. Daerah Tegal: Pantai Alam Indah Kota Tegal, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur. Tempat ini menyediakan fasilitas rekreasi dan restoran santapan laut.

5. Daerah Pekalongan: Pasar Grosir Batik Setono, Jalan Doktor Sutomo, Pekalongan, Jawa Tengah. Di pasar ini tersedia kios batik cap serta batik tulis khas Pekalongan.