Ternyata, Memelihara Anjing Itu Menyehatkan

By , Jumat, 1 Agustus 2014 | 12:30 WIB

Anda memelihara anjing? Berikut kemungkinan memelihara anjing dapat menyehatkan Anda.

1. Rajin olahragaTentunya sebagai pemilik anjing, Anda harus rajin mengajak anjing Anda jalan-jalan. Penelitian membuktikan bahwa orang yang memelihara anjing lebih sering melakukan aktivitas fisik daripada orang yang tidak memelihara anjing. Studi National Institute of Health and Welfare 2000 membuktikan bahwa orang yang memelihara anjing berolahraga selama 30 menit selama paling tidak lima hari seminggu.

2. Sehat secara keseluruhanSetelah satu bulan memelihara anjing, kesehatan si pemilik meningkat dan ia berperilaku sehat pula. Orang-orang dalam kelompok kontrol yang tidak memiliki hewan peliharaan tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam kesehatan atau perilaku selama masa studi berlangsung, menurut para peneliti.

3. Meningkatkan kesehatan mentalTahun 2011, sebuah studi menguji 217 orang yang memelihara anjing mengenai kesejahteraan, tipe kepribadian, dan gaya hidup mereka. Para peneliti menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan lebih bahagia, sehat, dan lebih mudah menyesuaikan diri daripada yang tidak memiliki peliharaan. Hewan peliharaan memberikan dukungan sosial bagi pemiliknya, kata para peneliti.

4. Mengurangi risiko alergiAlergi pada hewan peliharaan sering menjadi alasan mengapa keluarga memutuskan untuk tidak memelihara anjing, tetapi penelitian tahun 2010, dalam Journal of Pediatrics, ditemukan bahwa anak-anak yang dibesarkan dengan anjing di rumah mereka kurang kemungkinannya untuk mengembangkan eksim. Namun, anak-anak yang dibesarkan dengan kucing di rumah lebih mungkin untuk mengembangkan eksim.