Kehabisan Uang, Bupati Kepulauan Seribu Beri Pinjaman ke Wisatawan

By , Sabtu, 2 Agustus 2014 | 13:35 WIB
()

Asep Syarifudin ingin meyakinkan bahwa wisatawan yang berlibur ke Kepulauan Seribu tidak akan menyesal mengunjungi lokasi tersebut. Segala cara pun dilakukan oleh pihak Kabupaten Kepulauan Seribu untuk menarik pengunjung. Misalnya perbaikan infrastruktur wisata, penginapan dan peningkatan pelayanan.

Berbicara soal pelayanan wisatawan, ada hal menarik yang dialami oleh pria yang menjabat sebagai Bupati Kepulauan Seribu ini. Asep yang beberapa waktu lalu tengah blusukan ke Pulau Kelapa tidak sengaja bertemu dengan tiga orang wisatawan. Kala itu ia melihat, para wisatawan kesulitan untuk menarik uang tunai dari Mesin Anjungan Tunai (ATM), karena uang di mesin tersebut telah habis.

"Karena saya lihat mereka kesulitan untuk ambil uang tunai, maka ketiganya saya kasih pinjam uang. Kalau tidak salah total nominalnya mencapai Rp 1,8 juta," ujar Asep pada Jumat (1/8).

Semburat jingga menyelimuti hamparan bahari yang mengelilingi Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Selain bekerja sebagai pramuwisata, keramba-keramba menjadi salah satu mesin uang para penduduk. Lebih jauh mengenai Kepulauan Seribu bisa dibaca di National Geographic Traveler Indonesia Edisi Juli 2014. (Yunaidi/NGT)
 

Setelah meminjamkan uang, lantas Asep memberi secarik kertas berisi nomor rekening bank miliknya. Asep pun berpesan agar wisatawan itu mengembalikan uangnya saat mereka pulang ke Jakarta. "Alhamdulillah uang saya dikembalikan dua hari kemudian atau saat mereka di darat," kata Asep.

Asep mengklaim, ia tidak dirundung rasa khawatir atau takut uangnya tidak dikembalikan oleh wisatawan. Sebab saat hendak meminjamkan uang, Asep mengaku ikhlas. "Mau dikembalikan syukur, yah kalau tidak berarti saya amal kepada mereka," ujar mantan Kepala Badan Pemberdayaan Manusia, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta ini.

Bagi Asep, hal ini merupakan salah satu pelayanan kepada masyarakat terutama wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu.