Obat Penyakit Jantung Koroner

By , Sabtu, 14 Maret 2015 | 12:00 WIB

Penyakit jantung koroner, selain dapat disembuhkan dengan obat-obatan, juga dapat disembuhkan secara alami. Simak hal-hal berikut ini untuk dapat mengobati dan mencegah penyakit jantung koroner.

1. Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH), atau Menghentikan Hipertensi dengan Diet, adalah salah satu cara untuk dapat membantu menangani dan mencegah penyakit jantung koroner. DASH menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan lain yang menyehatkan jantung yang juga rendah lemak, kolesterol, dan sodium. DASH tak hanya diperuntukkan penderita penyakit jantung koroner, tetapi juga untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh.

2. Aktif secara fisik juga perlu, lho. Aktivitas fisik terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, kolesterol "jahat" dan meningkatkan kolesterol "baik", tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, diabetesexternal. Sedikitnya 60 menit saja melakukan aerobik, Anda sudah mendapatkan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, bagi Anda yang menderita penyakit tertentu, sebaiknya konsultasi apda dokter terlebih dahulu untuk mengetahui aktivitas apa yang aman bagi Anda.

3. Jaga berat badan agar tetap sehat, umumnya kurang dari 25 BMI (Body Mass Index). BMI untuk mengukur berat badan dikaitkan dengan tinggi badan. BMI antara 25 dan 29,9 dianggap sama dengan obesitas.

4. Berhenti merokok! Karena merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, bahkan memperburuk risiko yang diakibatkannya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok. Jika perlu, Anda bisa konsultasi dengan dokter mengenai solusi yang dapat Anda lakukan, atau bergabung dalam komunitas tertentu. Memang tidak bisa langsung berhenti, namun jika Anda berusaha, pasti berhasil dan tubuh Anda bisa menjadi sehat.

5. Kelola stres dengan bersantai, mengatasi masalah secara baik-baik dan tenang juga dapat meningkatkan kesehatan emosional dan fisik.