Kucuran Dana untuk Tangani Wabah Ebola

By , Selasa, 5 Agustus 2014 | 11:00 WIB

Bank Dunia telah mengumumkan hingga 200 juta dolar dana darurat untuk membantu tiga negara Afrika Barat menangani wabah Ebola.

Uang itu akan membantu Liberia, Sierra Leone dan Guinea meningkatkan sistem kesehatan masyarakat dan mengatasi dampak ekonomi dari krisis.

Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, mengatakan ia sangat sedih pada cara Ebola menyebabkan kerusakan sistem kesehatan yang sudah lemah di tiga negara tersebut.

Dalam tahun 2014 ini, hampir 890 orang meninggal karena Ebola di Afrika Barat.

Ebola membunuh 90% orang-orang yang terinfeksi dan pasien bisa memiliki kesempatan hidup lebih besar jika dirawat sejak dini. (Baca juga Dokter Ebola Itu Meninggal Dunia Akibat Ebola)

Penyebaran virus bisa terjadi lewat kontak dengan darah yang terinfeksi, cairan tubuh, organ—atau lingkungan yang terkontaminasi.

Gejala awal penderita Ebola tampak seperti flu, tetapi kemudian virus itu menyebabkan pendarahan eksternal dari mata dan gusi, dan pendarahan internal yang dapat menyebabkan kegagalan organ.

Akibat mewabahnya Ebola, Liberia menghentikan semua kegiatan sepak bola karena sepak bola adalah jenis olahraga di mana pemainnya bersentuhan, kata asosiasi sepak bola. Baca juga Cegah Penyebaran Ebola, Liberia Hentikan Kegiatan Sepak Bola