Apakah Pemimpin ISIS Pernah Dilatih oleh Israel?

By , Jumat, 8 Agustus 2014 | 12:10 WIB

Muncul pertama kali melalui screenshot Mosul YouTube, Abu Bakr al Baghdadi menjadi target beberapa teori konspirasi belakangan ini. Akhir-akhir ini muncul spekulasi mengenai al Baghdadi terlahir dari orang tua Yahudi di Israel. Menurut laporan Veterans Today, ia terlahir dengan nama Elliot Shimon, dan pria tersebut dilatih oleh Mossad dan dibayar untuk berpose sebagai pemimpin ISIS.

Laporan sebelumnya pun menyatakan melalui bukti yang dibocorkan oleh Edward Snowden, bahwa pemimpin Negara Islam dilatih oleh Mossad, bersama dengan badan-badan intelijen AS dan Inggris.

"Snowden mengatakan badan intelijen dari tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris dan entitas Zionis telah bekerja sama untuk menciptakan sebuah organisasi teroris yang mampu menarik semua ekstrimis dunia untuk satu tempat, dengan menggunakan strategi yang disebut "sarang lebah". Tetapi keaslian teori masih diperdebatkan, dan dokumen Snowden dilindungi oleh Washington Post dan dua jurnalis yang memecah cerita tersebut.

Snowden telah mengatakan kepada The New York Times dalam sebuah wawancara bahwa rahasia NSA aman dan ia telah meninggalkan semua dokumen rahasia kepada dua wartawan yang ia temui ketika di Hong Kong.

Sekilas biografi Abu Bakr al BaghdadiWalau telah tersebar spekulasi-spekulasi dan teori-teori mengenai Al Baghdadi, pria tersebut masih misterius bagi banyak orang. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh para pendukung Negara Islam, nama pemimpin ISIS yang sebenarnya adalah Abu Dua, Ibrahim bin Awad bin Ibrahim Al-Badri Al-Radawi Al-Husseini Al Samarra'i.

Al-Baghdadi adalah seorang mantan guru dengan gelar PhD. Ia dikenal sebagai pengkotbah yang baik dan memiliki pengetahuan luas mengenai budaya Islam dan Syariah. Menurut laporan yang sudah ada, pria ini diketahui telah menikah.