Cerita Pelanggan Citilink dan AirAsia, Mana yang Banyak Terima Komplain?

By , Jumat, 8 Agustus 2014 | 15:01 WIB
()

Oleh: A Ganing Permata

Lebaran telah usai, arus balik mudik pun mulai menyurut. Berdasarkan Posko Mudik Terpadu Lebaran 2014, terjadi kenaikan persentase penumpang yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan musim mudik di tahun 2013 lalu.

Kenaikan signifikan itu ada di moda transportasi kereta api dan pesawat. Cepat, aman dan nyaman adalah alasan utama pemudik yang memilih mudik menggunakan pesawat. Banyak cerita menarik dari pengguna jasa transportasi di akun-akun media sosial mereka, termasuk dari penumpang pesawat.

Awesometrics, media monitoring untuk memantau reputasi sebuah perusahaan dan brand, memantau percakapan mudik menggunakan pesawat, selama seminggu (25 Juli - 4 Agustus) dengan maskapai penerbangan LCC (Low Cost Carrier), Citilink dan Air Asia.

Citilink via akun twitter resminya @Citilink telah dipercakapkan sebanyak 1.512 kali, selama periode tersebut.

Dok. Awesometrics

Promo-promo dari Citilink lewat Twitter-nya menjadi status yang paling banyak di-retweet, termasuk promo pembelian tiket Citilink yang sudah termasuk dengan pajak bandara, sehingga pemudik tidak perlu lagi mengantre lagi. Promo lainnya, diskon 15% untuk makanan dan minuman di Restoran Luna Negra Bali dengan menunjukkan boarding pass dari Citilink, telah diretweet sebanyak 12 kali juga.

Akun twitter terkait @CitilinkTicket menjadi yang terbanyak menyebut akun @Citilink dalam status-statusnya soal promo tiket dan pembelian tiket Citilink secara online, higga 140-an kali. Akun-akun info travel dan destinasi wisata seperti @petacirebon dan @TourTravelindo, juga ikut memention akun Citilink sebanyak 35 dan 34 kali.

Sementara, ada tak kurang dari 317 percakapan di akun Twitternya @AirAsiaId selama periode yang sama.

Status-status promo dari akun twitter Air Asia Indonesia menjadi status yang paling banyak diretweet, termasuk soal terbang hemat mulai dari Rp. 239.000, untuk beberapa destinasi liburan seperti Bangkok, Singapura dan Kuala Lumpur. Status tersebut memperoleh retweet sebanyak 15 kali. Lalu, promo hadiah lebaran dari Air Asia Indonesia dan kontes foto nya yang bertemakan "Everyone Can Fly" yang diikutsertakan oleh akun @Faprisia88, telah di retweet hingga 12 kali.

Berikut akun-akun Twitter lain yang sering memention akun @AirAsiaId diantaranya adalah @Giladiskon, @tikabanget, @HarryAzhadin dan @Hijrahheiji. Akun @Giladiskon seringkali memention info mengenai promo dan diskon terkait tiket pesawat Air Asia Indonesia.

Kontes blog dalam rangka memperingati ulang tahun Air Asia Indonesia tampaknya mendapat antusiasme dari warga twitland. Sehingga seringkali, akun Twitter Air Asia Indonesia mendapat mention dari beberapa akun Twitter seperti @Hijrahheiji, terkait kontesnya tersebut. Lalu mention sebanyak 9 kali datang dari akun @TikaBanget, yang menceritakan pengalamannya menggunakan fasilitas Red Carpet yang disediakan oleh maskapai Air Asia Indonesia. Komentarnya menarik setelah dia melihat tidak adanya antrian di fasilitas Red Carpet tersebut.

Jadi secara umum, Citilink lebih mendominasi percakapan mengenai mudik menggunakan pesawat daripada Air Asia Indonesia. 

Selain memperoleh jumlah percakapan lebih banyak, Citilink juga lebih banyak mendapatkan sentimen negatif sebanyak 323 kali, sentimen positif sebanyak 247 kali dan netral sebanyak 942 kali.

Sedangkan, Air Asia Indonesia memperoleh sentimen positif lebih banyak yaitu 160 kali daripada sentimen negatifnya yang hanya sebanyak 49 kali, dan sentimen netralnya sebanyak 108 kali.