Asyiknya Mudik Dengan Kereta Api

By , Jumat, 8 Agustus 2014 | 16:59 WIB

Oleh: Anissa Dini

Penumpang kereta api dalam periode mudik Lebaran 2014 mencapai angka 3,9 juta orang atau meningkat 21% dibanding jumlah penumpang kereta api pada mudik lebaran 2013.

Hal ini senada dengan ramainya perbincangan di social media Twitter. Awesometrics, media monitoring untuk memantau reputasi sebuah perusahaan dan brand, menemukan 13.116 tweet terkait mudik dengan kereta api, terhitung sejak Senin (20/7) atau sepekan sebelum hari raya.

Dari belasan ribu tweet tersebut, cukup banyak komentar positif yang di antaranya memuji kebijakan baru PT KAI seperti online ticketing, penambahan gerbong, tiket gratis, dan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor.

Akun @hetyhety menulis "Semula, saya nggak percaya online ticketing PT.KAI. Dalam sekejap, tiket mudah sekali ludes. Laris manis karena banyak yg butuh #Mudik".

Beberapa pengguna twitter juga mengomentari pelayanan KAI yang lebih siap dan sigap sehingga membuat perjalanan mudik nyaman. Mudik dengan kereta api dinilai aman, nyaman, cepat, dan memberikan sensasi tersendiri dibanding transportasi lainnya karena dapat melihat pemandangan indah sepanjang perjalanan dari jendela kereta.

Kereta api memang relatif cepat dan bebas macet dibanding armada darat lainnya. Keuntungan lain mudik dengan kereta api adalah aman. Sebagaimana akun @0578 menegaskan dalam tweetnya, "Mudik aman via kereta api sobat!!!!"

Keamanan bermudik dengan kereta api ini juga diakui oleh sejumlah media online dalam berbagai artikel. Kemenhub sendiri mengatakan kereta api merupakan kendaraan dengan tingkat kecelakaan paling kecil selama arus mudik lebaran.

Kereta api juga dinilai efektif menekan tingkat kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran, karena tingginya animo masyarakat untuk beralih menggunakan kereta api lantaran pemudik sudah sadar, bahwa bepergian mudik menggunakan motor jauh lebih berbahaya.

Oleh karena itu Kemenhub memberikan evaluasi untuk memperbanyak rangkaian kereta api pada mudik lebaran tahun depan agar lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan beragam kelebihan bermudik menggunakan kereta api.