Ternyata, Ingatan Ikan Tergolong Baik

By , Rabu, 13 Agustus 2014 | 19:16 WIB

Penguji dari Kanada melakukan sebuah penelitian yang menemukan bahwa ikan mampu menemukan letak makanannya setelah 12 hari di pindahkan ke sebuah tangki yang berbeda. Dengan kata lain, ikan memiliki ingatan yang baik juga.

Studi ini dilakukan pada African Cichilds, jenis ikan akuarium paling populer. Ikan ini sebelumnya "dilatih" dengan dibiasakan untuk mengejar mangsanya di suatu titik di akuarium dimana dia dipelihara. Setelah melalui latihan selama tiga hari tersebut, sang ikan dipindahkan ke tangki yang lain.

Ternyata, saat dikembalikan ke tangki awal, ikan tersebut langsung mampu menemukan lokasi makanan tanpa perlu mencarinya.

Peneliti pun percaya ikan memiliki ingatan yang baik bahkan memiliki kecerdasan sama dengan hewan lain. Oleh karenanya, orang harus lebih peduli untuk kesejahteraan mereka. Dia menambahkan ikan memiliki kenangan baik seperti pada primata. Hal ini terlihat saat mereka membangun struktur yang rumit seperti istana pasir berbentuk khusus.

Dr. Trevor Hamilton dari MacEwan University mengatakan, "Ikan yang ingat di mana makanan terletak memiliki keuntungan evolusioner dari mereka yang tidak. Jika mereka mampu mengingat bahwa daerah tertentu berisi makanan tanpa ancaman predator, mereka akan dapat kembali ke daerah itu. Penurunan ketersediaan makanan akan meningkatkan kelangsungan hidup spesies yang bisa mengingat lokasi sumber makanan."

Cichlids liar sendiri memiliki makanan yang bervariasi yang meliputi siput, ikan kecil, serangga serta tanaman dan diperkirakan mereka belajar untuk mengasosiasikan lokasi dengan sumber yang mereka sukai dari makanan. Dr Hamilton kini menyelidiki apakah kekuatan kenangan ikan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan atau obat farmakologis. 

Penelitian tentang ikan yang memiliki ingatan yang baik ini diterbitkan dalam Society for Experimental Biology.