Jadikan Tanaman Sehat dengan Konsep Air Pot

By , Rabu, 13 Agustus 2014 | 14:32 WIB

Tampilan pot terus di-makeover. Kontainer penuh lubang pada pot bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman dan menghasilkan sayuran berukuran raksasa.

Sampai saat ini, pot tanaman sederhana terus berkembang. Sejak kali pertama digunakan oleh orang-orang Mesir kuno untuk memelihara bibit tanaman mereka, pot hampir tidak berubah selama ribuan tahun.

Kini, inovator asal Inggris mengklaim baru saja membuat Air Pot atau desain universal berupa kontainer mungil sebagai pot penuh lubang udara yang menyegarkan untuk tanaman. Pot tersebut sudah digunakan oleh beberapa penggemar tanaman di negara itu. Bahkan, desain ini telah digunakan oleh kebun pembibitan profesional seperti Royal Botanic Gardens di Kew dan Edinburgh selama satu dekade.

Air Pot didasarkan pada gagasan sederhana bahwa akar tanaman membutuhkan aerasi. Ini sebuah konsep yang radikal dapat meningkatkan kesehatan bunga dan meningkatkan hasil buah dan sayuran. Air Pot merupakan wadah plastik terbuat dari botol daur ulang yang berlubang dengan puluhan lubang. Setiap permukaannya bergelombang berbentuk seperti karton telur. Dalam pot tanaman tradisional, akar melingkar berputar-putar di sekeliling wadah dan dapat menyebabkan tanaman menjadi pot yang "terikat".

Tapi, dengan permukaan bergelombang, Air Pot mengarahkan akar menuju lubang-lubang udara tadi. Ketika mencapai udara segar, secara alami akar dipangkas karena mereka kering dan kembali tumbuh segar, kuat dan lebat sebagai sistem akar.

Hal itu akan meningkatkan serapan tanaman air dan nutrisi.

Saat ini, perusahaan Skotlandia yang menemukan konsep Air Pot, Caledonian Pohon Company, menyatakan akan memasarkan konsep tersebut bagi para tukang kebun amatir untuk pertama kalinya. Julyan Rawlings, direktur pemasaran di perusahaan itu, mengatakan: bahwa akar tidak dirancang untuk dimuat.

"Dalam wadah tanaman biasa mereka hanya akan berputar-putar mengelilingi, mereka kemudian menjadi cacat. Di Air Pot lubang membuat akar mudah dipangkas, menghilangkan akar yang berputar-putar, dan mendorong pertumbuhan akar sehingga tanaman selalu sehat," ujarnya.

"Sampai saat ini memang digunakan untuk pohon, tetapi Air Pot bisa bekerja sama dengan baik untuk tanaman cabai, paprika, tomat, melon, atau kentang. Hampir semua tanaman yang mungkin terpikirkan di benak Anda," tambahnya.