Situs Gunung Padang Diklaim Bakal Lebih Hebat daripada Candi Borobudur

By , Minggu, 17 Agustus 2014 | 11:45 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh mengklaim situs Gunung Padang nantinya akan menjadi objek wisata yang lebih hebat daripada Candi Borobudur. Situs Gunung Padang dinilainya sebagai temuan yang sangat mengagumkan.

"Nanti ini akan jadi objek wisata yang jauh lebih hebat dibanding Borobudur," ujar M Nuh di kantor Kemendikbud, Senayan, Minggu (17/8).

Hal ini, kata M Nuh, karena situs Gunung Padang sudah ditemukan sejak 2500 tahun sebelum Masehi. Pada saat itu, sudah ada tanda-tanda sebuah peradaban manusia di Gunung Padang. Padahal, saat itu masih jauh sebelum peradaban manusia setelah masehi muncul.

Nuh mengatakan, tim nasional untuk mengelola Gunung Padang ini sudah dibentuk. Tim tersebut terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, gubernur Jawa Barat, bupati Cianjur, dan TNI Angkatan Darat.

Nantinya, situs Gunung Padang akan dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan juga objek wisata. Targetnya, penyelesaian tahap kedua riset situs Gunung Padang akan selesai tahun ini. Sedangkan secara keseluruhan ditargetkan selesai 4 hingga 5 tahun ke depan.

"Semoga ini jadi temuan yang sangat mengagumkan," harapnya.

Situs Gunung Padang merupakan salah satu program yang menggunakan dana abadi dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Pengerjaannya sendiri sudah melewati tahap riset dan pembersihan kawasan. Saat ini, riset Gunung Padang sudah masuk pada tahapan ekskavasi, yaitu pembuangan lapisan-lapisan tanah. Targetnya, tahap kedua tersebut akan selesai tahun ini. Anggaran yang akan digunakan hingga penyelesaian tahap kedua sebesar Rp 3 miliar.