Perkenalkan, Ini Pelajar Pembawa Baki Sang Saka Merah Putih

By , Minggu, 17 Agustus 2014 | 12:15 WIB

Juana Gita Medinnas Janis, pelajar SMAN 1 Tahuna, Sulawesi Utara terpilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih pada upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Minggu (17/8).

Juana adalah satu dari 34 tim Melati, anggota Pasuka Pengibar Bendera yang bertugas dalam upacara pengibaran kali ini. 

Juana lahir di Tomohon, 20 Juni 1998 dan memiliki tinggi badan 174 cm. Dia adalah putri terbaik hasil seleksi ketat Paskibraka Sulawesi Utara.

Dalam upacara pengibaran kali ini, Juana akan bersama dengan Hafiid Kama Ra'uuf yang menjadi komandan kelompok pasukan 17 (SMA 3 Batam); Irfan Mujafar Sondani yang menjadi komandan Kelompok Delapan (SMAN 2 Lampung); Cahyadi Laksanto Rasyidi (SMAN 3 Yogyakarta) yang menjadi penarik tali bendera, dan; Fadlullah Arofah (SMKN 1 Taliwang) yang bertugas membentangkan bendera.

Upacara nantinya dibuka dengan laporan dari pemimpin upacara Kolonel Infanteri Teguh Pudjo Rumekso kepada Inspektur Upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Teguh merupakan pejabat Utama Biro Pengamanan Setmilpres kelulusan Akademi Militer 1991. Dia juga salah satu peraih Adhi Makayasa.

Teguh pernah dipercaya sebagai Wakil Komandan Grup B Paspampres tahun 2010 dan pernah terjun dalam Operasi Timor Timur.

Setelah mendapat laporan dari pemimpin upacara, Presiden SBY akan memerintahkan upacara segera dimulai dan dilanjutkan penyerahan Sang Saka Merah Putih kepada Juana. Upacara pengibaran bendera kemudian dilaksanakan.