Petani 101 Tahun Diberi Penghargaan Atas Jasa Pengamatan Cuaca

By , Senin, 18 Agustus 2014 | 12:06 WIB

Richard G. Hendrickson, seorang petani AS dari Long Island, New York, sudah 84 tahun lamanya mengamati dan mengumpulkan data cuaca.

Komunitas ilmu pengetahuan berutang pada kontribusi petani ini.

Penghargaan untuk petani berusia 101 tahun ini baru saja diberikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada bulan lalu. Hendrickson menerima anugerah itu dalam sebuah seremoni khusus pada 27 Juli.

Menurut Ross Dickman, seorang ahli meteorologi yang mengepalai lembaga prakiraan cuaca di New York, volunteer amat penting artinya bagi pengamatan cuaca. Dan Hendrickson termasuk salah satu orang yang terpanjang mengabdikan diri sebagai pengamat cuaca secara sukarela.

Ia memulai mengumpulkan data ketika 18 tahun usianya, data tersebut dilaporkan kepada lembaga U.S. Weather Bureau. Sekitar 150.000 pengamatan cuaca selama puluhan tahun telah ia hasilkan.

"Bila Anda bekerja di pertanian, pekerjaan Anda juga tentang cuaca. Kita harus terus melacak itu, mengetahui itu, karena sebagian besar hal yang kita kerjakan sangat terkait alam," kata Richard dalam wawancara dengan National Geographic.

Nasihatnya untuk para pengamat cuaca dari generasi berikutnya adalah, "Pelajari seluruh fase cuaca selama hidupmu. Cuaca senantiasa berubah."