Rute Sepeda Terbaik Dunia

By , Senin, 18 Agustus 2014 | 16:02 WIB

Anda gemar mengayuh sepeda untuk menjaga kebugaran tubuh atau sekadar menikmati keindahan alam? Tak ada salahnya coba rute terbaik ini.

Berikut 10 rute bersepeda terbaik versi NATIONAL GEOGRAPHIC.

La Route Verte, Kanada. Rute sepeda terbaru di daerah ini melintasi Provinsi Quebec. Membentang dari timur ke barat dengan jarak tempuh sekitar 2.485 mil atau 4.000 kilometer, dipenuhi pemandangan pedesaan. Rute ini menjadi favorit pesepeda karena petunjuk arah yang jelas dan banyaknya bangunan menarik. Seperti sungai St. Lawrence membentang panjang dan indahnya pemandangan pegunungan di Laurentides.

Underground Railroad Bicyele Route, Amerika dan Kanada. The Adventure Association mengembangkan rute dari Mobile, Alabama, Owen Sound, dan Ontario. Pengembangan ini untuk menghormati keberanian para budak mencapai kebebasan. Terdapat lima segmen yang totalnya berjarak 2.057 mil atau 3.310 kilometer. Daya tarik utama rute ini ialah bangunan sejarah tinggalan budak seperti pasar.

Ruta Austral, Cili. Rute menantang menghadang pesepeda karena Ruta Aistral, jalannya tidak beraspal dan berkerikil. Rute ini berjarak 810 mil atau 1.300 kilometer dari Puerto Monttt, bagian tengah Cili, Caleta Yungay di selatan hinga Villa O’Higgins di utara Patagonia yang terkenal dengan kapal fery yang berlabuh. Pesepeda akan menemui rute liar dengan pemandangan indah termasuk Taman Nasional Quelat dan Cerro Castillo. Hamparan hutan asli dengan tumbuhan pakis dapat ditemui di Puyuhuapi Hot Springs, dekat Queulat.

Munda Biddi, Australia Barat. Dalam bahasa Aborigin, Munda Biddi berarti jalan menuju hutan. Rute sepeda ini akan melintasi jarrah forest, di mana pohon kayu putih tumbuh –eucalyptus trees-. Jarak sepanjang 332 kilometer di tempuh dari daerah Mundaring hingga Collie, rute ini baru dibuka Juli 2004 lalu. Saat bersepeda, mungkin Anda akan menjumpai wallaby, kangguru, dan berbagai hewan khas setempat.

Hanoi-Ho Chi Minh, Vietnam. Jika Anda menyukai sepeda dan pantai, datanglah ke sini. Rute sepanjang 746 mil atau 1.200 kilometer menghubungkan dua kota terbesar di Vietnam, akan membawa Anda pada keindahan pesisir pantai berpasir.

Gran Fondo Campagnolo, Italia. Sesaat setelah mulai bersepeda, Anda akan langsung dihadang tanjakan dan pegunungan. Anda bisa ‘mendaki’ lebih dari 13.780 kaki (4.200 meter).

Luchon-Boyonne, Prancis.  Tour de France melewati pegunungan tinggi untuk pertama kalinya di tahun 1910. Bahkan pemenang di tahun itu menempuh jarak 325 kilometer dengan waktu 14 jam, melewati pegunungan di Luchon dan berakhir di Boyonne. Melintaasi rute ini, maka sama saja Anda harus mendaki empat ‘puncak’ yakni the Peyresourde, Aspin, Tourmalet, dan Aubisque.

Route du Comte Jean, Belgia. Dikenal sebagai Vlaanderen Fietsroute, rute ini akan menyusuri jalanan kota yang penuh kendaraan. Rute ini mempunyai jarak tempuh 137 mil atau 220 kilometer yang bermula dari Bruges hingga Perancis bagian utara. Tidak ada pegunungan yang perlu ditanjak, namun angin pantai yang kuatlah tantangannya.

Land’s End-John O’Groats, Inggris. Jarak tempuh rute ini tergantung jalur mana yang Anda pilih, bisa 900 mil (1.450 kilometer) atau lebih. Terpaan angin akan menyambut Anda selama bersepeda.

Cape Argus Pick ‘n Pay Cycle Tour, Afrika Selatan. Dengan rute sepanjang 68 mil atau setara 109 kilometer, Cape Argus pernah menjadi rute bagi 35.000 pesepeda. Di akhir jalur sepeda ini, Anda bisa menemukan deretan karang pantai dan Table Mountain National Park.