Penyakit Lou Gehrig dan Tantangan Mandi Air Es

By , Kamis, 21 Agustus 2014 | 08:25 WIB

Dari kalangan selebritas, politisi, atlet hingga para aktivis dan warga lokal Amerika Serikat, ice bucket challenge (tantangan mandi air es) menggemparkan dunia maya, untuk menunjukkan dukungan dan donasi mereka terhadap ALS. Dari satu orang yang menerima tantangan mandi air es itu kemudian menantang tiga orang kawannya, dan seterusnya. Apakah ALS itu?

Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yang juga disebut sebagai Penyakit Lou Gehrig, adalah penyakit neurodegenerative progresif yang berdampak pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang. Dari otak, motor neuron mencapai sumsum tulang belakang kemudian ke otot di seluruh tubuh. Degenerasi progresif dari motor neuron pada ALS akhirnya menghantarkan kepada kematian. Ketika motor neuron mati, kemampuan otak untuk memulai dan mengontrol pergerakan otot pun hilang. Dengan otot semakin terpengaruh, (pada tahap akhir) pasien dapat menjadi lumpuh total.

A-myo-trophic berasal dari bahasa Yunani, "A" (tidak atau negatif), "myo" (otot), "trophic" (makanan). Jadi, ketika otot tidak memiliki makanan, otot akan terbuang sia-sia.

Berikut fakta-fakta mengenai ALS:1. Tidak menular, tetapi bisa menyerang siapa saja tanpa pandang ras, etnis, atau batasan sosial ekonomi2. Diperkirakan ALS adalah penyebab dua kematian tiap ratus ribu populasi per tahun.3. Kira-kira 5.600 orang di Amerika Serikat terdiagnosis ALS tiap tahunnya.4. Insiden ALS adalah dua per 100.000 orang, dan diperkirakan sebanyak 300.000 mungkin terserang penyakit tersebut di waktu tertentu.5. Pasien penderita ALS memiliki waktu dua hingga lima tahun untuk hidup sejak diagnosis, namun lebih dari setengah dari semua pasien hidup lebih dari tiga tahun setelah diagnosis.6. Kira-kira 20% penderita ALS hidup lima tahun atau lebih, 10% hidup lebih dari 10 tahun, dan 5% bisa bertahan hidup selama 20 tahun.7. ALS bermula dengan bahaya kelemahan otot atau kaku. Kelemahan ini pun berkembang, otot-otot tungkai jadi lumpuh, dan batang yang mengontrol fungsi-fungsi vital seperti berbicara, menelan, dan bernapas, diikuti dengan yang lainnya.

Ice Bucket Challenge

Tidak jelas mengenai asal-usul tantangan mandi air es ini, dan tiap negara menerapkan versi berbeda-beda. Misalnya di wilayah utara Amerika Serikat melakukannya dengan melompat ke dalam air es. Fenomena ini menjadi populer di Amerika sejak 30 Juni 2014, ketika Golf Channel Morning Show menyiarkan fenomena sosial media ini. Sejak saat itu tantangan ini terus berlangsung, dari satu orang ke tiga orang lainnya, ke sembilan orang lainnya, dan seterusnya.

Kalangan selebritas yang menerima tantangan mandi air es ini tak hanya membantu dalam pengetahuan mengenai ALS, namun juga dukungan, donasi, dan penggalangan dana yang sebelumnya sangat rendah.

Pada periode waktu 29 Juli-18 Agustus tahun lalu, Asosiasi ALS menerima $ 1.800.000, sedangkan di periode waktu yang sama tahun ini donasi melejit mencapai $ 15.600.000. Sumbangan ini berasal dari donor yang sudah ada dan 307.598 donor baru untuk Asosiasi.