Sekilas tentang Kampung Halaman Teknologi Modern

By , Kamis, 21 Agustus 2014 | 16:45 WIB

Berlokasi di California Utara, Amerika Serikat, tempat ini adalah kampung halaman industri teknologi modern.

HP, Facebook, Apple, hingga robot-robot ciptaan Eric Stackpole, salah satu pendiri OpenROV, dimulai dari garasi di Silicon Valley. Tempat ini juga menaungi ribuan perusahaan baru.

Wilayah ini menempati sekitar area yang sama dengan Santa Clara Valley, termasuk San Jose dan kota-kota sekitarnya, di mana sebagian besar perusahaan berada. Istilah ini berasal dari sejumlah besar kawasan pembuatan chip silikon dan produsennya, tetapi akhirnya menjadi lokasi bisnis teknologi tinggi. Tempat ini umumnya digunakan sebagai pengganti sektor teknologi tinggi Amerika.

Meskipun pusat-pusat ekonomi berteknologi tinggi lainnya berkembang di seluruh Amerika Serikat dan dunia, Silicon Valley terus menjadi yang utama dalam inovasi teknologi tinggi dan pengembangan.

Asal istilah "Silicon Valley"

Ditemukan oleh Ralph Vaerst, pengusaha sukses asal California Pusat. Namun, kreditasi atas penggunaan instilah ini pertama kali ditujukan kepada Don Hoefler, teman Ralph Vaerst, yang menggunakan istilah Silicon Valley sebagai judul seri artikel dalam mingguan Electronic News.

Namun, istilah Silicon Valley tidak begitu terkenal sampai awal 1980an, ketika pengenalan PC IBM dan juga hardware dan software lainnya yang berhubungan dengan pasar konsumen.

Valley mengacu pada Santa Clara Valley, yang terletak di ujung selatan San Francisco Bay, sedangkan Silicon mengacu pada konsentrasi tinggi perusahaan yang terlibat dalam pembuatam semikonduktor (silikon digunakan untuk membuat sebagian besar semikonduktor komersial) dan industri komputer yang berkonsentrasi di daerah tersebut.

Perusahaan-perusahaan teknologi yang terus berkembang ini perlahan menggantikan kebun, perusahaan pertanian dan produksi pangan yang dulu sempat memberikan julukan awal wilayah ini dengan nama "Valley of Heart's Delight".