Wacana Pariwisata DKI Jakarta dan Fujian

By , Jumat, 22 Agustus 2014 | 15:00 WIB

Saat berlangsung pembukaan Taste the Real Oolong Tea, Fresh Fujian, Beautiful China, di Jakarta kemarin (lihat beritanya di sini), berlangsung perbincangan menarik antara wakil dinas pariwisata kedua provinsi.

Dr. Tinia Budiati hadir mewakili Arie Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta--yang uniknya, hari itu berhalangan hadir karena tengah melakukan pameran pariwisata Jakarta di Xiamen, termasuk di dalam wilayah Fujian. Sementara dari Fujian sendiri, hadir Mr Chen Yi Hui, Kepala Dinas Pariwisata wilayah ini.Kedua belah pihak bertukar cendera mata dan mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang relasi wisata antara kedua provinsi masing-masing.Ibu Tinia menyampaikan bahwa Jakarta potensial untuk didatangi para wisatawan asal Tiongkok. Melihat data tahun lalu, jumlah pengunjung dari negara itu adalah kedua terbanyak setelah Malaysia. "Angkanya mencapai 257 ribu lebih. Ini meningkat sekitar tujuh persen dibanding sebelumnya," tutur Ibu Tinia.Sedang Mr Chen juga melakukan penghitungan dan menyebut, "Wisatawan Indonesia yang datang ke negara kami mencapai 30 ribu orang." Ia kemudian menambahkan, "Ini pertama kali saya datang ke Jakarta sini dan terkesan. Kota ini tampak makmur, unik dan menarik untuk didatangi."Ibu Tinia melanjutkan, ada beberapa hal sangat disukai wisatawan Tiongkok saat berada  di Jakarta, yaitu wisata bahari, belanja, sarang walet dan kopi. "Sementara kondisi Kota Jakarta sendiri kental akan nuansa Tiongkok," imbuhnya. "Lihat saja sajian kuliner dan salah satu ragam bahasa kita, yaitu bahasa cina."

Acara pembukaan pameran teh Fujian di Merlynn Hotel Jakarta. Lagu berkisah keindahan alam hijau kawasan ini. (R. Ukirsari Manggalani/National Geographic Traveler)

Karena tingginya angka kunjungan wisatawan dari kedua negara itulah, maka kedua dinas pariwisata dari Jakarta dan Fujian melakukan promosi. "Setiap tahun, kami rutin berpromosi ke Tiongkok," tandas Ibu Tinia.Jakarta sendiri, sudah menyiapkan infrastruktur untuk wisatawan Tiongkok yang akan datang. Antara lain 291 hotel berbintang, 2.000-an lebih restoran serta 89 mall.Sedang Mr Chen menyampaikan, kesiapaan Fujian adalah menyediakan hotel berbintang, juga sekitar 188 restoran di Fuzhou--salah satu kota primadonanya--ditambah layanan maskapai penerbangan. "Keunggulan kami, salah satunya kini sudah tersedia pesawat Xiamen Airlines yang langsung mengantar ke Provinsi Fujian," ujar Mr Chen bersemangat. "Anda cukup bepergian dari Jakarta ke sana,  dengan lama penerbangan lima jam saja."Harapannya, kedua belah pihak yaitu Jakarta dan Provinsi Fujian, Juga Indonesia serta Tiongkok dapat saling berbagi dan bekerja sama untuk terus mendorong kunjungan wisatawan dari dua negara ini. Semoga semakin dapat direalisasikan.