Merayakan Hidangan Istimewa Minang

By , Selasa, 26 Agustus 2014 | 16:53 WIB

Komunitas Organik Indonesia (KOI) menyelenggarakan acara dua bulanan yang mengangkat kearifan lokal budaya makanan Indonesia. 

Menurut Christopher Emille Jayanata dari KOI,  Indonesia memiliki kelimpahan luar biasa makanan tradisional, yang kaya rempah dan rasa, membuat masakan Indonesia bukan hanya nikmat dan bercita rasa tinggi, tetapi juga memiliki manfaat yang positif bagi tubuh. Acara ini didukung oleh  fX Mall Sudirman-Jakarta, Modena dan RM Sederhana Melawai, serta dr. Andralia Wiwi, ahli gizi dan salad master.

Memasuki acara utama, para awak RM Sederhana Melawai mulai mempersiapkan masakan, didampingi dr. Andralia Wiwi yang menguraikan manfaat dan khasiat bahan-bahan dasar Ikan Pangek, seperti bawang putih, jahe, kencur, dan daun salam.

Dokter ini juga menyampaikan, sebelum menyantap makanan Padang yang banyak mengandung lemak, disarankan agar terlebih dahulu mengonsumsi sayur. Misalnya ketimun. Sayur ini membantu menetralisir, dan mencegah penumpukan lemak di pencernaan.

Selain demo memasak menu khas Padang, dalam acara ini juga digelar demo meracik salad. Pada acara ini sendiri, Saladmaster sudah menyediakan salad mentah dengan dressing olive oil yang menyegarkan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan berbagai produk, bazaar, vendor dan sponsor.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan makan siang bersama, dengan menu Ikan Pangek dan Ubi Tumbuak. Ikan nila berbumbu segar khas Padang dan Ubi Tumbuak yang penuh dengan bumbu herbal, membuat masakan padang ini tetap sehat dinikmati. Disajikan juga Mentimun Serut yang dapat menetralisir santan.

Semuanya ini disajikan agar para tamu bisa mengetahui dan mendapatkan pengalaman menikmati masakan Padang, namun tetap sehat. Bebas penimbunan lemak dalam tubuh.