Berbagi Video <i>Time-Lapse</i> di Instagram

By , Jumat, 29 Agustus 2014 | 17:00 WIB

Bagi Anda penggemar aplikasi Instagram, Instagram mengumumkan diluncurkannya Hyperlapse From Instagram, sebuah aplikasi terpisah yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video time-lapse langsung dari perangkat mobile.

Time-lapse merupakan sebuah teknik videografi dimana video ditangkap dalam frame-rate yang lebih rendah dari normal, lalu diputar dengan frame-rate standar. Dengan demikian, satu adegan yang membutuhkan waktu yang lama, seperti bunga ketika sedang mekar, dapat disaksikan dan terjadi secara real-time.

Misalnya, Anda dapat merekam matahari terbit secara perlahan dan menggunakan Hyperlapse untuk memutar adegan matahari terbit hanya dalam hitungan detik.

Dengan kemampuan tersebut, Hyperlapse menjadi fitur baru Instagram yang sangat menarik untuk mengambil momen pergerakan yang luas namun pelan, seperti pergerakan awan, keramaian, atau pemandangan alam dari dalam kendaraan.

Yang menjadi kunci dari Hyperlapse adalah teknologi image stabilization yang tak tertandingi. Rekaman video yang tidak stabil dapat distabilkan dan diperhalus secara instan, untuk memberikan tampilan sinematis.

Beberapa fitur Hyperlapse lainnya diantaranya antarmuka aplikasi Hyperlapse yang disajikan sesederhana mungkin, hanya cukup menekan satu tombol untuk memulai atau menghentikan rekaman. Tanpa perlu login.

Selain itu, hanya dengan satu ketukan, pengguna dapat memilih kecepatan playback untuk video Hyperlapse, mulai dari 1X kecepatan (kecepatan normal) sampai dengan 12X.

Setelah merekam moment, video Hyperlapse dapat langsung dibagikan melalui akun Instagram atau pun akun Facebook pengguna hanya dalam sekali ketuk, atau hanya cukup dengan menyimpan video tersebut di perangkat ponsel pintar masing-masing untuk diakses di lain waktu.