Menyusuri Keindahan Taman Nasional di Australia

By , Sabtu, 6 September 2014 | 17:40 WIB

Ingin jalan-jalan ke Australia, tetapi merasa bosan dengan kegiatan wisata di dalam kota? Nah, inilah sejumlah destinasi wisata yang berbasiskan alam di benua kanguru itu. Saat seminar Taman Nasional dan Jasa Lingkungan di Universitas Indonesia, Chris Margules dari James Cook University membagikan beberapa destinasi wisata menarik di sana. 

Taman Nasional Kakadu. Berjarak 240 kilometer di timur Darwin, taman nasional ini merupakan yang terbesar di Australia. Luasnya mencapai 19.804 kilometer persegi, tak heran pesona luar biasa banyak tersimpan di dalamnya. Letaknya memanjang dari dari pegunungan hingga pesisir pantai. Taman Nasional ini menjadi rumah bagi berbagai tanaman dan hewan langka, bahkan sepertiga spesies diantaranya burung khas Australia.

Daerah budaya hidup, patut disandang Kakadu. Pasalnya, taman nasional ‘dimiliki’ Binnij Mungguy. Telah hidup dan merawat kelestarian Kakadu sejak 50.000 tahun lalu.

Pesona dan uniknya Kakadu sebagai warisan budaya kuno sudah diakui dunia. Sejak tahun 1981 saja sudah tercata sebagai World Heritage. Kemudian di tahun 2011, Koongarra pun masuk dalam kawasan Taman Nasional Kakadu. Semakin luasnya wilayah Taman Nasional terbesar di Australia ini diharapkan dapat melindungi nilai budaya dan warisan. Sehingga dapat terus dinikmati generasi mendatang.

Taman Nasional New South Wales (NSW). Kayanya pemandangan cantik dap at And a nikmati di NSW. New South Wales memiliki lebih dari 865 taman nasional dan cagar alam. Wilayahnya meliputi hutan hujan, laut, bahkan gurun. Taman Nasional ini memberikan kesempatan Anda untuk lebih dekat dengan alam dengan cara berkemah di hutan belantara atau hanya sekadar menyusurinya. Dijamin Anda akan lepas dari stres dan penat.

Di tempat ini Anda akan menemukan pengalaman luar biasa, seperti menyusuri hutan belantara, bersepeda, memancing di jernihnya air, putihnya pasir pantai, dan tentu disajikan berbagai satwa khas.

!break!

Taman Nasional Kosciuszko. Anda suka nikmati suasana dingin dan sejuk? Cobalah singgah ke Kosciuszko, tempat indah ini menawarkan salju ketika musim dingin tiba dan udara sejuk saat musim panas.

Saat musim dingin tiba, snowbording dan ski dapat menjadi pilihan berwisata. Anda pun dapat mencoba snowshoeing dan melintasi hutan Snowgum.

Tak suka dengan hawa dingin? Saat musim panas pun, Kosciuszko menawarkan cara menarik menikmati alam. Seperti berperahu, memancing, atau memandangi indahnya bunga alpine. Ada pula panjat tebing, bersepeda gunung, dan menyusuri gua yang dapat dijadikan alternatif wisata.

Wandina Station. Luasnya mendapai 240.000 hektar terletak di bagian barat Australia. Berjarak 530 kilometer dari Perth dan hanya membutuhkan waktu tak sampai dua jam dari Geraldton. Anda dapat mengaksesnya menggunakan pesawat atau mobil.

Apa yang dapat ditemukan di Wandina Station? Pengalaman memandangi keindahan langit di malam hari, spa, mencukur bulu domba, berkemah, dan aktivitas alam lainnya.Chirs Margules mengatakan bahwa keberadaan taman nasional sangatlah penting. Terlepas dari fungsinya menjaga kestabilan alam, taman nasional juga bermanfaat untuk wisata. Tidak ada larangan berwisata ke Taman Nasional, hanya ada larangan untuk merusaknya. Mari berwisata ke Taman Nasional, nikmati keindahannya, jaga kelestariannya, dan wariskan kepada anak cucu. Selamat berwisata alam!