Mari Rayakan Moon Cake Festival Hari Ini!

By , Senin, 8 September 2014 | 13:08 WIB

Ada yang istimewa dengan hari ini: yaitu tiba saatnya untuk merayakan Mid-Autumn Festival. Dalam penanggalan Tionghoa, perhitungan tiba pada hari ke-15 dari bulan ke-delapan di penanggalan yang mengacu pada peredaran bulan. Dalam penanggalan Masehi, tahun ini perayaan jatuh tepat pada 8 September 2014.  

Beberapa sebutan muncul berkenaan dengan perayaan ini, seperti Moon Festival, Mooncake Festival atau Zhongqiu Jie. Di daratan Tiongkok serta Taiwan, tergolong sebagai salah satu acara terpenting dalam penanggalan mereka.

Disebutkan dalam mitologi bangsa Tionghoa, bulan adalah tempat tinggal Dewi Keabadian dan bulan sekaligus menjadi perlambang cinta dan persatuan. Tidak heran bila para keluarga berkumpul, menggelar doa bersama, memandangi bulan serta menyantap kue khas berjuluk mooncake atau kue bulan.

Merunut tradisi, kue bulan berbentuk bulat, dengan ketebalan sekitar empat centimeter dan garis tengah sekitar 10 centimeter. Bagian luar atau kulit [crust] menyerupai adonan pastry, dengan isi pasta kacang merah dicampur biji bunga teratai, bisa juga campuran berbagai kacang-kacangan dan terkadang di bagian inti diberi kuning telur asin. Masing-masing daerah di Tiongkok memiliki versi beragam untuk model dan isi mooncake, tetapi semuanya disantap dengan teman teh cina.

Di Tanah Air kita, keberadaan kue bulan tidak kalah semarak. Soal isi, juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, termasuk di antaranya menyertakan cokelat, keju, susu sampai durian!  

Untuk kawasan Jakarta, mooncake biasanya dapat dijumpai di kawasan Petak Sembilan, Glodok. Beragam ukuran serta isian bisa dijumpai di sini. Dikemas praktis dan dapat dijadikan materi hantaran saat Mid-Autumn Festival berlangsung.

Tetapi sesekali, mari langkahkan kaki ke bagian Pecinan lain di Ibu Kota Indonesia. Kali ini kita menuju ke kawasan Krendang Raya, di wilayah Jakarta Barat.  Pada sebuah ruas jalan yang senantiasa ramai dan potensial menimbulkan kemacetan, dapat disimak kedai-kedai penjual aneka masakan Tionghoa pada bagian kiri dan kanan jalan.

Di Krendang Raya, mooncake dijajakan di pinggir jalan pada tempat terbuka sampai di toko khusus penjual mooncake. (R. Ukirsari Manggalani/National Geographic Traveler)

Terselip di antara kedai dan tempat makan ini, kita dapat melihat kehadiran mooncake yang dijajakan dengan cara disusun berjajar pada meja panjang. Juga ada beberapa toko khusus penyedia kue khas perayaan Mid-Autumn Festival dengan berbagai kemasan menarik.

Toko khusus penjual mooncake di kawasan Krendang, Jakarta Barat. Warna merah mendominasi toko ini, disertai ucapan selamat merayakan Mid-Autumn Festival. (R. Ukirsari Manggalani/National Geographic Traveler)

Selain berbelanja mooncake serta merasakan nuansa menyambut kemeriahan pesta menyambut musim gugur dalam penanggalan Tionghoa, kawasan Krendang juga dapat dijadikan destinasi wisata kuliner, khususnya non-halal. Simak lebih lengkap soal liputan Krendang Night Walk di sini.