Deforestasi Hutan Brasil Sudah Masuk Tahap Terburuk

By , Kamis, 11 September 2014 | 09:22 WIB

Tingkat kerusakan hutan hujan Amazon di Brasil meningkat dalam waktu dua tahun terakhir. Data pemerintah Brasil menunjukkan deforestasi meningkat 29 persen dalam 12 bulan sampai akhir Juli 2013.

Data satelit menunjukkan hampir 6.000 kilometer persegi luas hutan hancur pada periode tersebut. Peningkatan terbesar dalam deforestasi ini terjadi pada negara bagian Para dan Mato Grosso, yang sebagian besar terjadi akibat ekspansi sektor pertanian di Brasil.

Lebih dari 1.000 kilometer persegi luas hutan telah hancur di tiap negara bagian.Tahun lalu, otoritas Brasil mengatakan peningkatan deforestasi mencapai 28 persen. Peningkatan kerusakan hutan itu merupakan kemunduran, setelah deforestasi di negara tersebut mengalami penurunan selama beberapa tahun.

Tingkat deforestasi yang terjadi dua tahun terakhir ini merupakan yang terburuk sejak pemerintah Brasil mulai melacak kerusakan hutan pada 2004, ketika itu 30.000 kilometer persegi hutan beralih fungsi.

Selain ekspansi sektor pertanian, peningkatan deforestasi juga terjadi akibat pembalakan liar dan penggunaan lahan publik untuk proyek infrastuktur di Amazon seperti jalanan dan bendungan.