Gedung Koleksi Mikroorganisme LIPI Resmi Dibuka

By , Minggu, 14 September 2014 | 10:39 WIB

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah meresmikan pusat koleksi Mikroorganisme Indonesian Culture Collection (InaCC), kemarin (11/9). "InaCC merupakan perwujudan tanggung jawab Indonesia terhadap dunia dalam membangun ilmu khususnya mikrobiologi serta bioteknologi," ungkap Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim. Dengan adanya InaCC, lanjut Lukman, pemanfaatan mikroorganisme yang berkelanjutan akan bisa dipercepat. Pembangunan InaCC telah dicanangkan oleh Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono 27 Mei lalu.

Mikroorganisme memiliki manfaat yang beragam di bidang pangan, pakan, sandang, pertanian, kesehatan, lingkungan, dan energi. Namun pemanfaatannya untuk kesejahteraan manusia masih terhambat oleh berbagai kendala. Hal ini terkait teknis penyediaan mikroorganisme, manajemen dan perundang-undangan di masing-masing negara. Selain itu, kedaulatan kepemilikan mikroorganisme serta isu keamanan dan keselamatan juga memberi sumbangan hambatan tersendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut dan mempercepat pemanfaatannya, negara-negara maju membangun infrastruktur Biological Resources Center untuk menjamin kesediaan mikroorganisme dengan memperhatikan regulasi yang selaras dengan peraturan perundang-undangan, komitmen internasional serta isu keamanan dan keselamatan. Sejalan dengan hal tersebut, LIPI dirikan pusat koleksi mikroorganisme Indonesian Culture Collection (InaCC).

Bersamaan dengan peresmian tersebut, LIPI juga mengadakan eksibisi untuk menunjukkan hasil-hasil penelitian unggulan LIPI di kalangan masyarakat. Acara ini akan digelar dalam LIPI EXPO yang diselenggarakan di gedung InaCC LIPI Cibinong hingga 13 September mendatang.

Yang akan ditampilkan dalam eksibisi tersebut meliputi alat pengolahan air, alat pencetak mie dan obat anti kanker, prototipe baterai lithium dan deteksi sensor gerakan tanah. Pameran ini dibagi ke dalam beberapa kluster seperti air, pangan, jasa informasi, teknologi tepat guna, obat dan kesehatan, kebencanaan, material maju, energi, serta sosial dan kemanusiaan.

Penasaran dengan hasil-hasil penelitian juga inovasi-inovasi menarik? Ayo kunjungi eksibisinya!