Cincin Umur Tiga Abad Bertuliskan Pesan Romantis

By , Sabtu, 13 September 2014 | 16:32 WIB

Sebuah cincin yang bertuliskan pesan romantis berusia lebih dari 300 tahun, ditemukan di Irlandia bagian utara.

Seorang pencari harta karun, pria bernama Tom Ross, menemukan cincin tersebut di sebuah lahan garapan dekat Newtownabbey, County Antrim.

Cincin indah ini, yang diperkirakan berasal dari tahun 1600-an dan mengandung 85% emas, memiliki inskripsi dalam bahasa Inggris Lama: “I noght on gift bot gifer.

Artinya, "Jangan melihat pemberiannya, tetapi pemberinya".

Di masa itu cincin sudah digunakan untuk pertunangan, dan sejak 1500-an benda tersebut mulai dikenal sebagai simbol komitmen pasangan laki-laki dan perempuan.

Ross, 69 tahun, mengatakan kepada seorang petugas pemeriksaan harta karun di pengadilan koroner Belfast, bahwa dia mengira benda yang ditemukannya pada September tahun lalu tidak berharga. "Saya pikir itu merupakan sampah," katanya.

"Dalam waktu 60 tahun terakhir di lahan tersebut digunakan untuk balap motor. Banyak aktivitas disana, jadi saya pikir benda itu berasal dari sana."

Ross menemukan benda tersebut ketika menggunakan alat deteksi logam yang menjadi hobinya selama empat tahun terakhir.

Kemudian dia membawa benda tersebut ke pakar museum di Irlandia Utara yang dapat mengetahui arti benda tersebut.

Kurator di Museum Nasional Irlandia Utara, Elise Taylor, mengatakan kepada pengadilan bahwa prasasti di cincin itu merupakan tradisi pada masa itu.

Dia mengatakan nama 'posy' yang terukir berkaitan dengan kata dalam bahasa Perancis, poesy atau puisi.

Para ahli perhiasan memperkirakan lokasi penemuan merupakan bekas gereja atau kuburan pada masa itu. Cincin yang sangat ringan itu kemungkinan jatuh ke tanah tanpa disadarinya, jelas ahli tersebut.