Inovasi Baru, Merokok yang Tak Berabu dan Berasap

By , Minggu, 7 Desember 2014 | 09:00 WIB

Sebuah penghisap nikotin yang mirip rokok merupakan produk pertama dari jenisnya yang akan mendapat lisensi sebagai obat di Inggris.

Produk yang disebut Voke tersebut tidak elektronik dan dapat diberikan dengan resep untuk membantu orang berhenti merokok. Voke juga merupakan perangkat pertama yang dibuat oleh perusahaan rokok yang akan mendapat lisensi.

Di saat rokok elektrik menjadi semakin populer dengan perokok yang ingin mengurangi atau berhenti merokok, belum satupun rokok elektrik tersebut mendapatkan lisensi sebagai obat di Inggris.

 

Tidak ada baterai

Produk nikotin Voke tidak menghasilkan abu atau asap dan tidak melibatkan panas saat pembakaran. Selain itu, produk tersebut juga tidak memerlukan baterai dan hanya membutuhkan pengguna untuk menghirup.

Dengan adanya lisensi berarti produk tersebut hanya dapat dipromosikan kepada perokok dan tidak bisa dijual kepada anak-anak.

Deborah Arnott, kepala eksekutif dari badan amal kesehatan Ash menyambut baik produk tersebut. "Alternatif baru untuk merokok ini akan memungkinkan perokok untuk memilih produk yang memenuhi standar tinggi peraturan obat-obatan dan dapat diberikan dengan resep untuk membantu mereka berhenti merokok," katanya.

Voke dirancang dan dikembangkan oleh Kind Consumer dan akan menjadi milik anak perusahaan British American Tobacco yang disebut Nicoventures. Voke belum tersedia di pasaran tapi diharapkan dapat dijual dalam waktu beberapa bulan ke depan.