Beruang Betina Ini Mengasuh Anak Beruang Lain

By , Rabu, 17 September 2014 | 14:25 WIB

Panggung kehidupan hewan juga tak kurang membosankan dari kehidupan manusia. Sebuah kejadian langka menunjukkan bahwa adopsi nyatanya juga dikenal di dunia hewan.

Beruang cokelat Alaska betina menyelamatkan seekor anak beruang grizzly yang terlantar dan patah kakinya.

Holly merupakan beruang di Katmai National Park and Preserve, Alaska-AS. Holly menjadi pahlawan karena tak disangka-sangka maumengadopsi anak beruang lain. Sampai-sampai dijuluki supermom, "ibu yang luar biasa", oleh petugas penjaga hutan (park ranger) di sana.

Beruang grizzly kecil itu juga saling berbagi makanan dengan anak biologis Holly—yang kata para petugas, amat jarang terjadi antara anak-anak beruang yang tidak berhubungan darah.

Anak beruang yang diperkirakan berumur 21 bulan itu, pada musim panas lalu—bulan Juli—ditinggalkan dekat air terjun Brooks Falls oleh induknya yang asli yang lantas kabur dengan beruang jantan yang merayunya.

Si induk masih sempat kembali menengok kadang-kadang, namun akhirnya ia tak memunculkan batang hidungnya lagi.

Petugas tidak dapat mengintervensi hal ini. (Ada mandat kebijakan taman nasional untuk menyerahkan setiap prosesnya kepada alam.) Maka mereka sangat bersuka-cita ketika melihat Holly mengambil alih "hak pengasuhan" anak beruang tersebut.

Pada akhir Juli, keberadaan mereka terlihat petugas di sebuah lokasi yang disebut Margot Creek, sekitar 16 km dari air terjun—saat Holly tengah mengajari anak beruang itu menangkap ikan. Itulah tanda pertama anak beruang telah membangun relasi dengan Holly.

"Kami masih tidak tahu apa yang mendorong Holly mengadopsi anak beruang lain," kata Roy Wood, kepala bidang interpretasi di Katmai National Park. "Mungkin hanya karena insting keibuan yang kuat," tambahnya.