Beberapa Kemiripan Koin Gunung Padang dengan Uang Tahun 1945

By , Rabu, 17 September 2014 | 20:49 WIB

Temuan arkeologi di situs Gunung Padang kembali kontroversial. (Sebelumnya baca pula: Perdebatan Temuan "Kujang Gunung Padang")

Kali ini terkait dengan temuan koin yang diklaim berasal dari masa 5.200 SM. Namun, arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung, Lutfi Yondri, meragukannya.

Lutfi membandingkan koin yang ditemukan oleh tim riset Gunung Padang dengan sejumlah koin pada masa lalu. Ia menemukan bahwa koin yang ditemukan mirip dengan uang koin Netherland Indie yang terbit tahun 1945.

Dalam keterangannya kepada Kompas.com, Rabu (17/9), Lutfi menguraikan kemiripan koin Gunung Padang dengan uang tahun 1945.

Kemiripan pertama adalah ukurannya yang sebesar uang logam Rp25. Lalu adanya hiasan pada bagian tepi koin, berupa bulatan dan gawangan. Terdapat pula hiasan aksara Jawa Kuno.

Kemiripan ketiga adalah adanya lingkaran yang membatasi bagian tepi dan tengah, sedangkan kemiripan terakhir adalah adanya aksara Arab pada bagian tengah koin yang ditemukan pada kedalaman 11 meter itu.

Arkeolog Ali Akbar serta geolog Danny Hilman Natawijaya hingga berita ini diturunkan, Rabu, belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar tentang keraguan Balai Arkeologi Bandung.