Keputusan: Skotlandia Tetap Bersatu dengan Britania Raya

By , Jumat, 19 September 2014 | 13:40 WIB

Skotlandia memutuskan untuk tetap berada di kesatuan Britania Raya, setelah hasil pemungutan suara diumumkan pada Jumat (19/9) ini.

Hasil resmi referendum Skotlandia yang sudah diumumkan menunjukkan kemenangan di pihak yang tidak mau merdeka dari Inggris dengan selisih suara hampir 10 persen.

Hasil pemungutan suara di 31 dari 32 wilayah tersebut menunjukan bahwa sebanyak 1.914.187 orang menolak referendum dan 1.539.920 mendukung.

Pemungutan suara ini adalah puncak dari kampanye yang dilakukan selama dua tahun.

Menteri Pertama Skotlandia, Alex Salmond, mengatakan pihaknya menerima kekalahan. "Saya menerima hasil ini dan saya meminta semua warga Skotlandia untuk juga mengikuti, menerima keputusan demokratis rakyat ini."

"Sangat penting untuk mengatakan bahwa referendum kami merupakan sebuah proses yang disepakati dan disetujui, dan mayoritas rakyat Skotlandia telah memutuskan "TIDAK" untuk kemerdekaan," kata Salmond kepada para pendukungnya.

Dia juga meminta agar kelompok-kelompok pro-integrasi agar menepati janjinya untuk memberikan kekuasaan yang lebih besar pada Parlemen Skotlandia. 

Glasgow, wilayah terbesar di Skotlandia dan kota terbesar ketiga di Inggris Raya mendukung kemerdekaan dengan 194.779 suara melawan 169.347, begitu juga wilayah Dundee, West Dunbartonshire dan North Lanarkshire.

Namun ibu kota Skotlandia, Edinburgh, menolak referendum dengan 194.638 suara melawan 123.927.