Gawai Akibatkan Berbagai Gangguan Kesehatan

By , Minggu, 23 November 2014 | 15:25 WIB

Tidak ada yang mengingkari, bahwa kini, manusia sangat bergantung pada teknologi. Kemanapun kita pergi, kita selalu membawa smartphone maupun perangkat teknologi lainnya seperti laptop maupun tablet. Beragamnya kemudahan yang disediakan oleh teknologi membuat kita sulit mempertimbangkan dampak negatif dari teknologi. Padahal, "kecanduan teknologi" ini bisa sangat berbahaya. Berikut adalah cara teknologi merusak kesehatan fisik dan mental.

1. Kecanduan teknologi

Ini adalah istilah untuk menggambarkan kondisi di mana pengguna sudah mulai kecanduan pada smartphone atau perangkat gadget lainnya. Tanda-tandanya bisa dilihat dari wujud kecemasan yang akan hadir apabila mereka pergi tanpa membawa gadget. Para ahli sendiri telah menemukan hubungan antara penggunaan ponsel dan stres.

Sebagian besar orang merasa cemas dan terus menerus memeriksa ponsel mereka untuk melihat apakah mereka telah menerima pesan teks atau email dari orang lain. Karena itu, untuk mencegah dan mengurangi dampaknya dianjurkan untuk menyimpan smartphone kita pada mode diam atau mematikannya. Jika ingin memeriksanya, pastikan itu hanya berlangsung beberapa jam sekali.

Thinkstockphotos

2. Jerawat

Ponsel kita diselubungi bakteri yang menyebabkan minyak ketika digunakan di area wajah. Hal ini menyebabkan munculnya jerawat di dagu dan bagian leher. Sebaiknya, gunakan speakerphone atau headset selama percakapan telepon yang panjang.

3. Radiasi

Pengguna smartphone menyerap radiasi yang dipancarkan dari ponsel mereka. Meski begitu, penelitian belum membuktikan apakah hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan yang besar.

Tim Clayton/ /Corbis

4. Kecelakaan

Tidak ada yang menyangkal betapa berbahayanya chatting atau mengirim pesan, sekaligus menelepon melalui ponsel saat mengemudi. Hal ini mengurangi aktivitas otak dan mengambil fokus dari mengemudi. Gunakan headset saat mengemudi, dan selalu pastikan untuk fokus saat mengemudi.

5. Sakit punggung dan leher

Bersandar dan membaca ukuran font yang kecil bisa membuat leher tegang. Sementara itu, membungkukkan punggung saat membaca atau bekerja dengan juga bisa membuat punggung dan leher nyeri. Karenanya untuk mencegah cara teknologi merusak kesehatan fisik dan mental, selalu pastikan untuk duduk tegak saat menggunakan laptop dan menempatkan laptop di meja saat membaca.