Gelang Ini Dapat Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pemakai

By , Senin, 6 Oktober 2014 | 14:29 WIB

Beragam wearable device, seperti smartwatchfitness trackerwristband, atau armband, biasanya dirancang sebagai “asisten” pribadi pengguna untuk meningkatkan kualitas hidup dalam berbagai aspek. Namun, gelang Pavlok ini bertindak lebih jauh lagi.

Gelang ini mencoba menghilangkan kebiasaan buruk dari si pemakai dengan memberikan kejutan listrik (setara kejutan static) jika pemakainya kembali melakukan kebisaaan buruk.

Konsep gelang ini sederhana. Pengguna cukup mengenakan gelang Pavlok, meng-install aplikasi yang disertakan, dan memilih satu atau lebih kebiasaan buruk yang ingin dihilangkannya. Malu memakainya sebagai gelang? Pavlok pun dapat ditempelkan ke kulit melalui stiker adhesif khusus.

Pemakai bisa memilih respons apa yang diberikan gelang Pavlok untuk mengingatkan pemakai saat sedang “ketahuan” sedang melakukan kebiasaan buruk. Respons yang diberikan bisa berupa bunyi beep, getaran, hingga kejutan. Menurut tim pembuat Pavlok yang didanai memalui sistem crowdfunding Indiegogo, jika komitmen pemakaianya tinggi, tingkat kesuksesannya bisa mencapai 80%.

Pembuatnya telah menyediakan daftar rekomendasi kebiasaan buruk manusia menurut definisi mereka. Misalnya, terlalu lama menghabiskan waktu online, duduk terlalu lama, pergi ke restoran fast food, atau menekan tombol snooze saat bunyi alarm pagi berhenti, dan lain-lain.

Pada dasarnya, Pavlok adalah sebuah activity tracker dengan accelerometer yang memantau langkah, aktivitas, dan pola tidur pemakai. Kemampuannya untuk memberi sengatan/kejutan listrik adalah fungsinya yang unik, tapi pemakai awal dianjurkan memilih dulu respons yang lebih moderat, seperti getaran, suara, atau indikator LED untuk mengingatkannya. Tekanan sosial pun bisa dilakukan Pavlok dengan mengabarkan kebiasaan buruk si pemakai ke jejaring sosial seperti Facebook.

Tidak ingin memakainya seperti gelang? Bagian dalam Pavlok bisa dikeluarkan dan ditempel ke kulit tubuh Anda.

Pavlok yang bisa dikoneksikan ke telepon seluler dengan sistem operasi iOS dan Android (via Bluetooth 4.0) ini juga menyediakan API (Application Program Interface) yang berisi rutin, protokol, dan tool untuk membantu para pengembang dalam membuat software untuk menambah fungsi atau layanan ekstra Pavlok.

Harga penawaran awalnya di crowdfunding Indiegogo baru US$129 dan akan dijual secara retail di harga US$149 pada bulan April 2015.