Ini yang Terjadi Bila Manusia Memasuki Lubang Hitam

By , Senin, 6 Oktober 2014 | 17:28 WIB

Sebuah video produksi Domain.com yang diunggah oleh Discovery Channel mencoba menggambarkan apa yang akan terjadi saat manusia masuk ke lubang hitam.

Lebih lanjut dijelaskan, saat manusia masuk lubang hitam, manusia akan meregang. Manusia tidak punya pilihan, apalagi lari ataupun kembali. Tubuhnya akan memanjang dan menjadi seperti spageti.

Perlahan, waktu dalam sudut pandang manusia pun akan melambat, bahkan jauh lebih lambat dari waktu yang dirasakan di Bumi. Jika seseorang mampu melihat orang lain dari tepi lubang hitam, maka orang itu akan melihat orang lain menua begitu cepat. Sementara itu, orang lain akan melihat manusia yang mendekati ke lubang hitam bergerak dengan sangat lambat.

Pada akhirnya, manusia itu akan tampak berhenti ketika sampai event horizon atau yang dikenal dengan "the point of no return". 

Kemudian, manusia akan tampak meredup dan memerah. Manusia lalu akan menjadi terlalu panjang sampai akhirnya yang tersisa hanya hitam.

Masuk ke lubang hitam memang terdengar mengerikan. Namun, manusia mungkin tak perlu terlalu khawatir.

Pasalnya, lubang hitam terdekat dari Bumi adalah X-1, berjarak 6.000 tahun cahaya, jaraknya sangat jauh. Lubang hitam itu baru akan berbahaya jika manusia berada 22.530 kilometer darinya.

Di samping itu, Stephen Hawking baru-baru ini menyatakan bahwa lubang hitam mungkin tidak ada. Itu artinya, jika lubang hitamnya saja tidak ada, maka ancaman yang akan terjadi saat manusia masuk lubang hitam pun tak ada.