Hendak Bergabung dengan ISIS, Remaja Ini Ditangkap

By , Selasa, 7 Oktober 2014 | 09:44 WIB

Mohammed Hamzah Khan (19), ditangkap di bandara internasional O’Hare di Chicago hari Sabtu (4/10) sebelum terbang menuju Istanbul lewat Wina.

Pernyataan pers yang dikeluarkan Departemen Kehakiman Amerika hari Senin (6/10), menyatakan Mohammed Hamzah Khan ditangkap tanpa perlawan di bandara internasional O’Hare hari Sabtu oleh FBI sebelum ia terbang dari Chicago menuju Istanbul lewat Wina.

Khan dituntut di pengadilan distrik Amerika dengan tuntutan berupaya memberi dukungan materi bagi organisasi teroris asing yang beroperasi di Irak dan Suriah. Warga negara bagian Illinois itu muncul di hadapan hakim hari Senin dan tetap ditahan menunggu sidang hari Kamis.

Pernyataan tertulis itu menyatakan upaya memberi dukungan materi bagi organisasi teroris asing diancam hukuman penjara maksimum 15 tahun dan denda 250 ribu dolar.

Pernyataan Departemen Kehakiman itu menambahkan bahwa tuduhan yang disampaikan atas Khan bukan merupakan bukti bahwa ia bersalah. Tergugat dianggap tidak bersalah dan berhak menjalani sidang yang adil dan pemerintah harus membuktikan bahwa ia benar-benar bersalah.