Inilah 3 Hotel Antik Dekat Pusat Perbelanjaan Singapura

By , Jumat, 10 Oktober 2014 | 08:00 WIB

Mengunjungi Singapura tentu tidak lengkap tanpa mampir ke Orchard Road. Kawasan pusat perbelanjaan modern ini menjadi incaran wisatawan dari berbagai tempat. Bahkan, tidak jarang orang yang sengaja ke Singapura hanya untuk mengunjungi Orchard Road saja.

Tiga hotel di Singapura dekat dengan Orchard Road ini memiliki sensasi tersendiri karena desain arsitekturalnya nan antik ala era kolonial.

 

1.  Goodwood Park Hotel

Awal beroperasi di tahun 1929, Goodwood Park menjadi hotel pertama di Singapura yang memiliki fasilitas kolam renang. Setahun setelah pembukaannya, hotel ini menjadi salah satu yang paling terkenal di Singapura. Konsepnya adalah menghidupkan kembali kemewahan era kolonial.

Bangunan hotel berusia lebih dari 100 tahun. Awalnya, tempat ini adalah Tentonia Club (kawasan elit ekspatriat Jerman di Singapura). Gaya khas arsitektural Eropa yang detail dan berukir nampak begitu jelas di seluruh bangunan hotel.

Goodwood Park Hotel disebut sebagai salah satu pionir industri pariwisata negeri Singapura. Bahkan, sejak tahun 1989, Singapura Preservation of Monuments Board mengukuhkan Grand Tower yang ada di hotel ini sebagai monumen nasional Singapura.

Terdapat total 233 kamar yang didukung dengan fasilitas kontemporer mewah. Dua buah kolam renang outdoor yang berukuran besar sangat nyaman untuk tamu bersantai. Ada pula gym dan layanan spa. Untuk urusan kuliner, Goodwood Park memiliki 7 tempat makan menarik yang tersebar di sekitaran Orchard Road. Ada coffee lounge, bakery & pastry, L’espresso, bar hingga restoran khas China, serta barat.

 

2.  Hotel Fort Canning

Akomodasi historikal ini memang dikenal ikonik di Singapura. Berasal dari restorasi Gedung Administrasi Militer Inggris, hotel ini menyimpan banyak sejarah terbentuknya Negara Singapura. Terlebih lagi, hotel ini berada di kawasan taman sejarah Singapura, Fort Canning Park.

Dibuka sejak Juli 2011, hotel yang sempat digunakan tentara Jepang saat perang dunia kedua ini memiliki hospitality terbaik yang diakui melalui penghargaan DP Architects.

Fort Canning juga dikenal sebagai hotel yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Banyak fasilitas istimewa yang disediakan khusus untuk anak-anak, mulai dari kolam renang, buku, film, menu makanan, saluran televisi sampai ragam family activities.

Jumlah total kamar yang disediakan sebanyak 86 buah. Setiap kamar memiliki desain yang modern yang malah berpadu begitu cantik dengan konsep gedung yang antik. Fort Canning memang sangat cocok untuk wisatawan yang mungkin bosan dengan pemandangan modernitas kota. Setiap kamar dipercantik dengan pemandangan taman dan city skyline dari jendela. Dekorasi ruangan juga tampak apik melalui hasil karya desainer furnitur peraih penghargaan, Poltrona Frau.

Jika Anda belum puas dengan pemandangan arsitektural dan panorama taman di sekeliling Fort Canning, mungkin Anda harus mencoba berenang. Selain bentuk kolam renang yang cantik,  area santai di sekitarnya begitu indah dan tenang dengan tempat duduk yang berdesain unik.

 

3.  The Elizabeth Hotel

Keantikan hotel ini nampak dari konsep bangunannya yang merupakan bentuk modern dari arsitektural era kolonial. Seperti pola bangunan kuno Eropa yang istimewa, tampak luar Elizabeth Hotel begitu sederhana dalam kombinasi kaca gelap dengan warna jingga.

Bagian dalam hotel didesain dalam konsep elegan. Menggunakan furnitur ala Eropa dengan dinding didominasi marmer atau kayu berwarna gelap, Elizabeth memberikan kesan pertama yang begitu simpel namun megah.

Sentuhan lampu gantung dan aksen marmer hitam di lobi resepsionis menaruh aksen khas Eropa. Pencahayaan yang hangat sebagai ciri khas membuat tone Eropa di hotel ini semakin kental.