Ketika Matahari Padam, Manusia Sebaiknya Pindah ke Bulan Jupiter

By Ricky Jenihansen, Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Jika matahari mati, kesempatan terbaik umat manusia adalah menghuni beberapa bulan Jupiter atau Saturnus (Ricky Jenihansen)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penelitian baru yang dipimpin University of Tasmania di Australia mengungkapkan bahwa, ketika matahari padam, kemungkinan terbaik manusia adalah dengan menghuni bulan Saturnus atau Jupiter. Kesimpulan tersebut berdasarkan pengamatan baru para peneliti terhadap planet baru yang selamat dari bintang induknya yang sudah mati.

Pada penelitian tersebut, para astronom menemukan planet baru, raksasa gas sekitar 40 persen lebih besar dari Jupiter dan bahkan bintang induknya yang mengorbit di dekat pusat Bima Sakti. Temuan tersebut menunjukan bahwa beberapa dunia di tata surya kita memungkinkan bertahan dari kematian dahsyat matahari sekitar lima miliar tahun dari sekarang.

Penemuan tersebut terjadi secara tidak senagaja selama peristiwa "pelensaan mikro gravitasi" pada 2010. Namun, untuk waktu yang lama, para astronom tidak tahu apa yang mereka lihat.