Penemuan Lantai Mozaik Kuno di Yunani

By , Selasa, 14 Oktober 2014 | 12:40 WIB

Arkeolog yang menggali makam kuno besar di Amphipolis, Yunani utara, menemukan lantai mozaik berukuran 3 x 4,5 meter. 

Lantai mozaik kuno yang terbuat dari batu berbagai warna—putih, hitam, abu-abu, biru, merah dan kuning ini menggambarkan Dewa Hermes yang mengendarai kereta kuda. Kementerian Kebudayaan Yunani mengatakan Hermes digambarkan sebagai konduktor arwah menuju kehidupan setelah kematian.

Lantai mozaik tercatat sebagai penemuan terbaru oleh tim arkeolog yang menggali situs makam kuno besar. Penggalian dimulai Agustus lalu dan sejauh ini penggalian baru mencakup sebagian kompleks makam. Para arkeolog memperkirakan makam tersebut mungkin dibangun khusus untuk seseorang yang sangat penting melihat dari segi ukurannya. 

Bangunan diperkirakan berasal dari akhir Abad ke-4 Sebelum Masehi sehingga memunculkan spekulasi makam diperuntukkan bagi istri Aleksander Agung dari Makedonia. Makam mempunyai lingkar 500 meter yang dikatakan sebagai makam terbesar yang pernah ditemukan di Yunani selama ini. 

Menteri Kebudayaan Yunani Konstantinos Tasoulas sebelumnya mengatakan tempat penguburan di Amphipolis itu adalah monumen pemakaman berdimensi unik dan dibuat dengan keahlian artistik tinggi.