Seperti Apa Rasanya Membawa Medali Nobel Ke Mana-mana?

By , Selasa, 14 Oktober 2014 | 10:49 WIB

Sembilan orang ilmuwan mendapatkan penghargaan Nobel di bidang Kimia, Fisika, serta Fisiologi atau Kesehatan. Isamu Akasaki, Hiroshi Amano, dan Shuji Nakamura, mendapatkan Nobel bidang fisika atas kerja kerasnya menciptakan LED biru. Sementara Eric Betzig, William Moerner dan Stefan Hell meraih Hadiah Nobel Kimia atas sumbangan besar mereka untuk mengembangkan mikroskop optik yang lebih baik.

Menurut Brian Schmidt, ahli astrofisika yang mendapatkan penghargaan Nobel 2011, hidupnya berubah hanya dalam semalam. Ilmuwan yang menemukan kembali energi gelap ini bercerita, bahwa ia tak mendapatkan pemberitahuan apapun sebelumnya. “Mereka hanya menelepon saat saya memasak makan malam. ‘Halo? Anda mendapatkan Hadiah Nobel.’”“Ada beberapa hal aneh yang terjadi. Saat Anda memenangkan Hadiah Nobel, benda yang Anda dapatkan ya, Hadiah Nobel,” ujarnya. Ia pun menggambarkan bahwa benda itu seukuran dengan medali Olimpiade, dengan berat sekitar 250 gram, dan “terbuat dari emas.”Saat memenangkan hadiah tersebut, neneknya yang tingga di Fargo, North Dakota, AS, ingin melihat medali itu. “Membawa Hadiah Nobel ke mana-mana itu rasanya biasa saja, hingga saat saya ingin meninggalkan Fargo, saya harus melewati mesin sinar-X,” ujarnya. Ia melihat bahwa para petugas keamanan bingung. “Hadiah itu saya letakkan di tas laptop. Medali itu terbuat dari emas, jadi seluruh sinar-X akan terserap—warnanya benar-benar hitam. Dan mereka tak pernah melihat sesuatu yang benar-benar hitam seperti itu.” Papar Schmidt.

Para petugas berkata, “Pak, ada sesuatu di tas Anda.”Schmidt berkata, “ya, saya rasa ada di dalam kotak.”Petugas bertanya, “apa yang ada di dalam kotak?”Schmidt menjawab, “medali emas yang besar.”Kemudian petugas keamanan membukanya dan bertanya, terbuat dari apakah medali tersebut? Scmidt pun berkata kembali bahwa medali itu terbuat dari emas.

Para petugas kembali bertanya, “siapa yang memberikan medali ini kepada Anda?”“Raja Swedia,” jawab Schmidt.“Mengapa ia memberikan medali ini kepada Anda?” tanya petugas.Schmidt berkata, “karena saya membantu menemukan tingkat ekspansi alam semesta yang sedang berakselerasi.”

Di titik ini, para petugas sudah kehilangan kesabarannya. Schmidt pun menjelaskan kepada mereka bahwa medali itu adalah Hadiah Nobel. Selanjutnya, para petugas malah semakin penasaran dan kembali bertanya, “apa yang Anda lakukan di Fargo?”