Berikut Tips Kesehatan Tak Biasa

By , Sabtu, 27 Desember 2014 | 10:00 WIB

 Selama ini Anda tentu sudah mendengar berbagai macam tips agar tubuh tetap fit. Saran-saran itu mungkin sebisa mungkin Anda ikuti, meskipun hasilnya tidak sesuai. Untuk meluruskan hal tersebut, berikut tips sehat bugar yang justru bertolak belakang dengan mitos sepengetahuan Anda.

Jangan Menyikat Gigi setelah Makan. Kebiasaan menyikat gigi secara langsung setelah makan sangat berbahaya. Apalagi jika makanan yang Anda konsumsi bersifat asam seperti jeruk, minuman olahraga, soda, daging, dan lain-lain. Enamel gigi Anda akan rusak dengan cepat jika kebiasaan ini terus dilakukan. Gosoklah gigi Anda setelah menunggu selama 30 – 60 menit setelah makan.

Ingin Memakai Ukuran Baju Lebih Kecil? Naikkan Berat Badan! Kuncinya ada pada otot. Orang yang 5 kilogram lebih berat bisa menggunakan ukuran baju lebih kecil bila ia rajin mengangkat beban dan melakukan latihan rutin. Alasannya adalah karena otot tidak mengambil banyak tempat seperti lemak. Jadi banyak otot akan membuat Anda ramping sebab lemak berkurang.

Makan Banyak agar Tidak Kelebihan Kalori. Begitu banyak camilan yang terlihat kecil dan sedikt namun mengandung banyak kalori. Sebaliknya, banyak makanan sehat seperti sayur dan buah yang bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak namun rendah kalori. Jadi konsumsilah banyak makanan sehat alih-alih memilih camilan tinggi kalori dalam jumlah sedikit.

Jangan Konsumsi Minum Berenergi Ketika Lelah. Minuman berenergi mengandung kafein sekitar lima kali lebih banyak dari kopi. Efek samping dari minuman ini adalah rasa khawatir, resah, dan kenaikan detak jantung. Kadar gula yang tinggi juga membuat kita ingin mengonsumsi lebih banyak minuman ini. Jadi minuman berenergi sama sekali tidak membuat Anda lebih bertenaga.

Minum ketika Kembung. Minum saat kembung mungkin terdengar sangat aneh bagi Anda. Meski begitu, para peneliti mengatakan bahwa air bisa membantu tubuh mencerna makanan tinggi serat yang biasa menyebabkan kembung. Kembung yang disebabkan oleh dehidrasi juga bisa disembuhkan dengan cara minum air.

!break!

Stop Minum Soda Diet saat Diet. Riset menunjukkan bahwa para peminum soda diet cenderung makan lebih banyak dari mereka yang memilih soda biasa. Soda diet juga meningkatkan resiko peningkatan lingkar pinggang Anda hingga 70 persen. Apakah Anda masih berminat meminum soda diet saat ingin menurunkan berat badan?

Pilih Minuman Panas untuk Mendinginkan Badan. Saat Anda kepanasan, pilihlah minuman yang panas. Cairan panas membuat tubuh meningkatkan produksi keringat. Hasilnya kulit kita pun akan lebih dingin setelah keringat telah menguap. Inilah salah satu tips sehat bugar yang justru bertolak belakang dengan mitos sepengetahuan Anda.

Berlatih ketika Lelah. Setelah seharian bekerja, Anda mungkin tidak ingin melakukan olahraga atau latihan apapun. Akan tetapi hal itu justru tak benar. Berdasarkan hasil studi, depresi dan suasana hati buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan dapat hilang setelah olahraga selama 30 menit. Jadi berolahraga dan berlatihlah saat Anda merasa lelah.

Miliki Hubungan yang Lebih Baik dengan Orang-orang dengan Banyak Menyendiri. Bepergian ke berbagai acara dan bermain dengan teman-teman di segala waktu bukan cara efektif untuk memiliki hubungan yang lebih baik. Menyendiri justru membuat Anda bisa melakukan banyak refleksi dan mengenal diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, maka pada akhirnya Anda bisa memiliki relasi yang lebih baik dengan orang lain.

Berhenti Gunakan Sabun Antibakteri untuk Bebas dari Penyakit. Sabun berlabel antibakteri sebenarnya tidak lebih efektif dibandingkan sabun biasa. Penggunaan dalam jangka panjang justru akan membuat Anda kebal pada bakteri. Salah satu bahan antibakteri sendiri, triklosan, sekarang sudah dilarang untuk digunakan di Minnesota.

Itulah tips sehat bugar yang justru bertolak belakang dengan mitos sepengetahuan Anda. Baca artikel lain untuk mengetahui mitos-mitos salah yang tak kalah menarik