Selain Jokowi, Siapa Saja Presiden RI yang Pernah Jadi Cover Majalah TIME?

By , Jumat, 17 Oktober 2014 | 10:02 WIB

Tepat sepekan setelah dilantik (27/10), Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi sampul majalah Time. Tentunya, Jokowi bukanlah yang pertama, beberapa presiden RI lain pernah menjadi sampul majalah Time.

Soekarno. Predikat sebagai Presiden RI pertama ini tentunya menjadi alasan sederhana mengapa Soekarno menjadi Presiden RI pertama yang menjadi sampul majalah Time. Bahkan, Soekarno dua kali menjadi sampul majalah Time, yaitu pada Desember 1946 dan Maret 1958.

Soeharto. Presiden kedua RI ini juga dua kali tampil di majalah Time. Yang pertama pada edisi Juli 1966 dengan judul artikel “Vengeance with a Smile”. Sedangkan yang kedua terbit pada Mei 1999 dengan judul sampul “Soeharto Inc. How Indonesia?s longtime boss built a family fortune'.”

Habibie. Meski hanya menjabat sebagai Presiden RI selama 17 bulan, keberadaan Habibie di saat-saat genting Indonesia membuat majalah Time tertarik untuk menempatkan presiden kedua RI ini di halaman sampul mereka. Habibie dengan judul sampul “Habibie Takes Charge,” pada Juni 1998.

Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti presiden-presiden pendahulunya, kecuali Habibie, SBY juga muncul dua kali di majalah Time yaitu pada September 2005 dan Mei 2009. SBY juga pernah masuk “100 most influential leaders in the world in 2009” versi majalah Time.

Sebelumnya diberitakan Jokowi menjadi sampul majalah Time dengan judul sampul “A New Hope" dengan fotografer Adam Ferguson. Di dalamnya terdapat laporan utama berjudul “The New Face of Indonesian Democracy" yang ditulis Hannah Beech.