Enam Hal yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Kanker

By , Senin, 20 Oktober 2014 | 15:19 WIB

Kesehatan tubuh tergantung pada diri kita sendiri. Berikut gaya hidup yang disarankan oleh Dr. Anne McTiernan, peneliti pencegahan kanker dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, AS, untuk menjauhi diri kita dari kanker.

1. Berhentilah merokok. Menurut National Cancer Institute, merokok akan memicu kanker paru-paru, kerongkongan, mulut, tenggorokan, lambung, dan kanker pankreas.

2. Lakukan pengecekan untuk kanker secara berkala. Kanker kolon, payudara, prostat, serviks dan kulit, bisa dideteksi sejak dini pada usia tertentu. Bahkan jika Anda tak merasakan gejalanya, deteksi dini meningkatkan kemungkinan penyembuhan.

3. Batasi konsumsi alkohol. Artinya hanya dua kali sehari untuk pria dan sekali minum untuk wanita per hari, dan tak bisa diakumulasikan di akhir minggu. Menurut American Cancer Society, kanker mulut muncul enam kali lebih banyak pada penenggak alkohol.

4. Lindungi kulit dari sinar matahari. Menurut Skin Cancer Foundation, ultraviolet bisa merusak DNA kulit dan menyebabkan mutasi gen yang berakhir menjadi kanker. Selalu lindungi kulit, dan gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, setiap melakukan kegiatan di luar ruangan.

5. Aktiflah. Penelitian Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa orang yang aktif memiliki risiko lebih rendah terhadap kanker kolon dan payudara. Tak perlu menjadi atlet. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah berjalan cepat, bersepeda, naik tangga, bahkan menari. Hal yang penting, kegiatan itu meningkatkan detak jantung dan menimbulkan keringat.

6. Santap makanan yang mengurangi risiko kanker. Penelitian menunjukkan, bahwa sayuran bisa menurunkan risiko kanker seperti kanker kolon. Kurangi mengonsumsi daging merah, hindari daging olahan seperti sosis, makan setidaknya lima porsi sayur dan buah setiap hari. Hindari minuman manis juga permen.

Kisah keluarga yang berdiet dengan sayur organik untuk menghambat pertumbuhan kanker juga bisa dilihat di Kontradiksi Pangan Organik.