Inggris Berikan Insentif Bagi Dokter yang Menangani Demensia

By , Kamis, 23 Oktober 2014 | 11:04 WIB

Para dokter di klinik masyarakat Inggris akan mendapat £55 atau sekitar Rp1 juta setiap kali mendiagnosis satu kasus demensia.

Pimpinan layanan kesehatan Inggris, NHS, mengatakan tujuannya adalah untuk mendeteksi dini penderita yang perlu perawatan atas penyakit yang menyebabkan menurunnya fungsi otak ini.

Namun, Asosiasi Pasien menyebut langkah itu "agak terlalu jauh" sehingga terkesan menjadikan sejumlah pasien sebagai "sumber hadiah".

Tak sampai setengah dari 800.000 orang di Inggris Raya--yang diperkirakan menderita demensia--yang sudah didiagnosis secara medis.

Berdasarkan skema NHS maka para dokter akan menerima uang untuk setiap pasien yang didiagnosis menderita demensia selama enam bulan lebih.

NHS menegaskan bahwa uang tambahan itu bukan sekadar pembayaran untuk diagnosis namun agar para dokter di klinik masyarakat bisa menyiapkan rencana yang rinci guna meningkatkan diagnosis demensia.

"Kami tahu bahwa masih banyak yang dibutuhkan di seluruh layanan kesehatan nasional agar semua orang yang menderita demensia bisa diidentifikasi dan mereka bisa mendapatkan perhatian dan dukungan yang diperlukan," jelas Dr Martin McShae, salah seorang direktur NHS.

Banyak jenis demensia namun semuanya menurunkan fungsi otak, sehingga menyebabkan hilangnya ingatan, kehilangan kemampuan berbahasa, maupun ketidakstabilan mental.