Ayo, Ikuti Kontes Luar Angkasa Ini...

By , Sabtu, 25 Oktober 2014 | 16:00 WIB

Misi ke Bulan yang didanai swasta untuk pertama kalinya, diluncurkan hari ini. Misi ini mengirim pesawat luar angkasa seberat 31 pon bernama 4M dengan antena, komputer kecil, dan sensor radiasi. Pesawat ini ditumpangkan pada roket Tiongkok yang menuju ke satelit Bumi.

Dibiayai oleh perusahaan swasta, LuxSpace, 4M akan terbang ke bulan, kemudian mengirimkan transmisi sinyal kembali ke Bumi. Transmisi sinyal ini dapat diterima oleh penggemar radio amatir. Roket Tiongkok yang ditumpangi pesawat luar angkasa ini pun dikabarkan membawa serta pesawat luar angkasa Tiongkok terbaru, yang dijadwalkan meluncur ke bulan.

4M akan mulai siaran tepat 77,8 menit setelah peluncuran, yaitu pada 1:59 Waktu Bumi Bagian Timur. LuxSpace mengadakan kontes untuk melihat siapa yang dapat menerima pesan dari muatan pribadi mereka sebelum misi ke bulan ini berakhir (Anda bisa berpartisipasi secara individu ataupun kelompok).

Pesan yang dikirim dari payload berupa urutan nada, disiarkan pada frekuensi yang berbeda. Bahkan jika Anda tidak ingin berpartisipasi dalam kontes tersebut, Anda dapat melacak kemajuan misi tersebut secara online.

Misi ini dijadwalkan berlangsung selama delapan hari, tetapi bisa saja lebih lama. "Pasokan tenaga cadangan 4M meliputi sel surya dan akan memperpanjang masa misi untuk menjaga 4M operasional dalam wilayah orbital di mana beberapa pesawat ruang angkasa berada sebelumnya," kata sistem insinyur LuxSpace, Hubert Moser kepada Space.com. "Namun demikian, pasokan tenaga sekunder ini sangat bergantung pada tahap terakhir peluncuran, yaitu ketersediaan sinar matahari.

4M adalah singkatan dari Manfred Memorial Moon Mission, dinamai demikian untk menghormati Manfred Fuchs, pendiri perusahaan OHB, yang merupakan perusahaan induk LuxSpace.