SpaceShipTwo Milik Virgin Galactic Jatuh, Kopilot Tewas

By , Sabtu, 1 November 2014 | 07:15 WIB

Satu orang tewas dan satu orang lain terluka parah, dalam insiden jatuhnya pesawat penumpang ruang angkasa milik Virgin Galactic, Jumat (31/10) siang atau Sabtu (1/11) dini hari.

Kecelakaan terjadi saat pesawat menjalani uji coba terbang di Gurun Mojave, California , Amerika Serikat. Data soal korban tersebut merujuk pada keterangan dari Highway Patrol, seperti dikutip AFP. Dua orang berada di dalam pesawat ini saat jatuh.

Dikutip dari Reuters, kopilot dari pesawat ini tewas. Adapun pilot sempat melontarkan diri keluar pesawat tetapi tetap terluka parah ketika ditemukan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Keterangan ini didapat dari Juru BIcara Sherif Kern County, Ray Pruitt.

Pesawat jatuh di Mojave Air and Space Port, California, Amerika Serikat, hanya beberapa saat setelah memisahkan diri dari roket pelontarnya.

Jatuhnya Spaceship Two ini menjadi kecelakaan pesawat ruang angkasa Amerika yang kedua kali berturut-turut dalam sepekan. Sehari sebelumnya, Rabu (30/10), roket Antares meledak setelah 16 detik pasca-lepas landasannya, Virginia, Amerika Serikat.