Tak Perlulah Mahal untuk Merawat Kesehatan Gigi

By , Minggu, 2 November 2014 | 07:00 WIB

Tak perlu buang-buang uang untuk membeli cairan pembersih mulut atau sikat gigi mahal. Hanya dengan menyikat gigi teratur, menghindari makanan bergula, dan tidak merokok maka kesehatan gigi tetap terjaga.

Paling tidak itulah yang disampaikan ahli kesehatan gigi, Paul Batchelor. Ia juga memaparkan bahwa penyakit gusi atau periodontitis merupakan hal normal karena termasuk dalam proses penuaan.

Salah satu yang kerap dikeluhkan ialah pendarahan pada gusi. Sebenarnya pendarahan yang sering terjadi ketika Anda menyikat gigi tidak berarti bahwa gigi akan rontok. Maka ia menyarankan untuk melindungi dan mengurangi risiko kerusakan pada gigi maka gunakan pasta gigi berflouride. 

British Dental Journal mengungkap bahwa biaya perawatan ke dokter gigi dapat ditekan jika Anda rajin dan teratur merawat kesehatan gigi.

Ahli kesehatan gigi dari University College London ini menjelaskan hanya 10 persen orang yang membutuhkan perawatan karena masalah gusi. Kebanyakan dari mereka adalah perokok dan orang dengan pola makan tidak benar.

Sementara ada pula ahli kesehatan gigi lainnya mengklaim bahwa penyakit gusi begitu dibesar-besarkan hanya untuk mendongkrak penjualan obat kumur dan sikat gigi.